Tips Menggunakan Lampu Neon Agar Awet dan Tahan Lama

Dalam sebuah rumah tangga, lampu adalah kebutuhan penting yang harus ada. Ya, siapa sih yang mau hidup dalam gelap gulita tanpa penerangan kan? lampu sudah tak bisa dipungkiri karena manfaatnya sebagai sumber cahaya yang membuat kita menyelesaikan pekerjaan setiap hari. Jika bola lampu tidak ada, kita tentu akan mengalami kesusahan mencari sumber cahaya pengganti lain. Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah lampu neon. Lampu ini cukup banyak digemari karena cahayanya yang terang dan stabil. Nah, kamu bisa loh membuat lampu neon lebih hemat dan tahan lama. Caranya? Simak dalam ulasan berikut ini ya!

Gunakan Lampu Sesuai dengan Tegangan

Lampu Sesuai dengan Tegangan

Nah, untuk membuat lampu lebih awet, kamu harus menggunakannya sesuai dengan arus dan tegangan yang sudah tertera pada lampu tersebut. Jika lampu itu dinyalakan dengan tegangan yang jauh lebih besar, dapat dipastikan ia tidak akan awet. Hal penting lain yang harus kamu perhatian yaitu tegangan di rumah yang tak selalu stabil (220 volt) karena listrik yang bersumber dari PLN hanya berupa faktor tegangan yang dikali arus (VxI). Untuk itu, pastikan tegangan listrik kamu 220 volt, bisa kamu ukur dengan voltmeter. Tetapi bila tidak sesuai, kamu bisa memasang arde pada instalasi listrik yang sudah disambungkan pada kabel negatif/nol pada instalasi itu. Lalu, jangan gunakan jika meterannya berbentuk digital alias prabayar karena pemakaian bisa menjadi boros.

Lubangi Casing Lampu Agar Dapat Mengusir Panas Berlebih Pada Lampu

Lubangi Casing Lampu

Cara yang kedua sangat simple, tak perlu menggunakan bantuan jasa instalasi listrik, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Kamu perlu melubangi casing lampu neon tersebut. Hasilnya nanti, lampu bisa bertahan selama kurang lebih 8000 jam hingga 9000 jam. Lalu apa sih manfaat membuat lubang pada casing itu? Nah, lubang yang ada pada lampu neon bisa mengusir panas berlebih sehingga jumlah panas yang ada pada komponen dalam lampu akan terbuang, sebaliknya udara dingin yang akanĀ  masuk menggantikan panas. Pertukaran panas dan dingin inilah yang pada akhirnya bisa membuat lampu punya umur panjang, bahkan mungkin lebih dari 8000 hingga 9000 jam.

Lakukan Cek Rutin Alat Elektronik Lain dan Kabel

Lampu berkaitan dengan alat elektronik lain. Jagalah tegangan listrik di rumah agar selalu stabil. Caranya, kamu harus rutin melakukan cek dengan alat voltase meter. Jika saat setelah dicek dan listrik kamu tak stabil dalam voltase meter, maka kamu bisa mengatasinya dengan memasang arde di instalasi listrik yang ada. Selain itu, pengecekan lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara menyalakan televisi. Bila saat TV menyala lampu berkedip pasti ada sesuatu yang salah dengan listrik kamu. Selanjutnya, cobalah untuk melakukan pengecekan terhadap seluruh sambungan kabel listrik. Jika ada yang kendor, maka harus secepatnya kamu kencangkan kembali dengan cara pemberian lakban. Cek juga ukuran kabel dan sesuaikan dengan daya yang ada.

Baca juga: Muncul Keretakan Padahal Baru Dibangun? Ketahui Penyebab Tembok Retak Disini!

Gunakan Lampu Seperlunya

Lampu

Nah, yang terakhir adalah penggunaan lampu. Menggunakan lampu neon seperlunya juga membantu lampu punya umur yang lebih panjang. Menghemat di sini adalah dengan cara mematikan lampu saat sudah tak lagi diperlukan. Siang hari misalnya, kamu bisa mematikan lampu dan kembali menghidupkannya saat sudah gelap (menjelang malam).

Membuat lampu tahan lama itu hal yang mudah. Tapi, kamu memang harus telaten dan terus melakukan pengecekan sih. kalau misal ada hal yang tak kamu pahami, kamu bisa meminta bantuan jasa instalasi listrik, di mana memang paham dengan dunia kelistrikan.