Sering Alami Pintu Tidak Bisa Ditutup Rapat? Inilah Faktor Penyebabnya

Dalam setiap hunian pasti seseorang pernah mengalami masalah pintu di mana sering terjadi macet dan sulit untuk ditutup. Hal itu biasanya terjadi khususnya pada hunian-hunian yang menggunakan pintu berbahan kayu sebagai materialnya. Namun tahukah anda jika masalah pintu tidak bisa ditutup itu disebabkan oleh beberapa faktor hingga pintu tidak bisa bekerja dengan sempurna. Tak heran belakangan ini banyak yang mengganti jenis pintunya dengan pintu upvc atau kepanjangan dari unplasticized poly vinyl chloride dimana jenis pintu itu terbuat dari material yang dianggap lebih kuat dari jenis pintu kayu pada umumnya.

Pintu Tidak Bisa Ditutup Rapat

Maraknya penggunaan pintu upvc bahkan telah masuk keseluruh lapisan masyarakat dari mulai masyarakat tingkat atas hingga menengah kebawah, hal ini terjadi karena salah satu kelebihannya yaitu terdapat pada harga yang ditawarkan dipasaran dimana harga pintu upvc dibanderol dengan sangat terjangkau sehingga peminatnya semakin banyak khususnya bagi para pecinta desain interior.

Selain harga jual pintu upvc yang dibanderol sangat terjangkau yang menjadi kelebihan lain pintu ini yaitu tidak akan mengalami perubahan bentuk walaupun berada dalam cuaca yang lembab seperti kebanyak pintu kayu pada umunya. Karena seperti yang kita ketahui masalah pintu tidak dapat ditutup rapat merupakan masalah dalam dunia interior yang sangat mengganggu dan tentunya berbahaya jika itu terjadi pada pintu yang berada diposisi paling depan suatu hunian, bisa saja orang lain yang jahat dan tidak berkepentingan akan masuk dengan sangat leluasa.

Namun adanya masalah pintu tidak dapat tertutup rapat pasti menimbulkan banyak pertanyaan hingga orang merasa heran mengapa hal itu terjadi padahal sebelumnya pintu rumah yang dimilikinya dapat bekerja dengan sempurna. Untuk menjawab pertanyaan seputar masalah pintu tidak dapat tertutup rapat dibawah ini terdapat beberapa hal yang dapat menjelaskan mengapa hal itu dapat terjadi, yuk kita simak apa saja diantaranya..

3 Penyebab Utama Mengapa Pintu Tidak Bisa Ditutup Rapat

Berikut ini terdapat beberapa faktor penyebab utama yang biasa terjadi saat pintu tidak dapat tertutup rapat, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Engsel Pintu Tidak Berfungsi Dengan Baik

Saat pintu tidak bisa ditutup rapat sebaiknya kita harus segera memeriksa bagian engsel pintu yang biasanya mengalami kerusakan seperti adanya karat dan juga beberapa baut terlepas dari tempatnya. Bila hal itu terjadi sebaiknya segeralah lakukan perbaikan pada engsel pintu agar pintu dapat bekerja dengan sempurna.

2. Cuaca yang Lembab Dapat Membuat Pintu Kayu Mengembang

Hal yang jarang diketahui banyak orang bahwa penyebab utama pintu tidak dapat tertutup rapat yaitu desebabkan pintu mengalami perubahan ukuran atau mengalami pengembangan. Biasanya hal itu terjadi pada pintu yang terbuat dari bahan kayu sehingga saat cuaca menjadi lembab sifat kayu pada pintu pun akan mengembang dan membuatnya sulit untuk ditutup. Untuk menangani masalah ini kita bisa melakukan pengikisan pada bagian rongga kunci pintu hingga membuatnya sedikit menipis hingga bisa tertutup kembali, namun solusi yang paling maksimal yaitu kita bisa mengganti pintu kayu dengan jenis upvc atau aluminium yang aman dan terhindar dari masalah perubahan ukuran meskipun berada dalam cuaca yang lembab. Adapun harga pintu upvc dan jenis aluminum dibanderol dengan harga yang masih terjangkau sehingga tidak perlu khawatir akan mengeluarkan beban biaya berlebih untuk penggunaannya.

Baca juga: Pasang Di Sini, Kerai Bambu Siap Curi Perhatian

3. Terjadi Kerusakan Pada Bagian Badan Kunci Pintu Atau Lockcase

Faktor penyebab lain yang dapat membuat pintu tidak bisa tertutup rapat yaitu karena biasanya ada masalah yang terjadi pada bagian badan kunci atau yang disebut lockcase. Kita bisa memperbaikinya dengan cara melakukan pemeriksaan terlebih dahulu hingga dapat terlihat kerusakan yang terjadi, bisa saja badan kunci mengalami karat atau terjadi penyumbatan dan lain sebagainya. Bila itu terus terjadi sebaiknya kita harus segera mengganti bagian badan kunci dengan yang baru dan lebih berkualitas agar pintu dapat selalu bekerja dengan baik.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *