Saat Membeli Jendela Aluminium, Lakukanlah Pengecekan Ini Agar Mendapat Yang Berkualitas

Jendela berbahan aluminium saat ini lebih diminati dibandingkan jendela berbahan kayu. Harga yang lebih murah menjadi satu di antara berbagai alasan mengapa jendela berbahan kayu mulai ditinggalkan. Selain harga jendela aluminium yang lebih murah, ada banyak kelebihan lain. Pertama, jendela jenis ini tahan keropos dan tidak mungkin dimakan oleh rayap.

Jendela jenis ini juga lebih awet ketimbang jendela berbahan kayu karena tidak mengalami penyusutan bentuk akibat perubahan cuaca. Jadi, Anda tak perlu merasa khawatir jendela mengalami kerusakan saat musim hujan. Bobotnya pun lebih ringan sehingga tidak membutuhkan banyak waktu untuk pemasangan. Dari segi desain dan bentuk, jendela jenis ini dapat dipesan sesuai keinginan. Warnanya juga tak cepat memudar. Perawatannya amat simpel sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli.

Berbekal berbagai kelebihan tersebut, tak heran jika jendela jenis ini banyak digunakan tak hanya untuk rumah, tetapi juga untuk pertokoan, perkantoran, pusat perbelanjaan, rumah sakit dan lain-lain. Semakin meningkatnya permintaan membuat banyak perusahaan atau produsen bermunculan. Harga jendela aluminium, bahan, dan kualitas yang mereka tawarkan juga beragam. Hal itu mengharuskan Anda untuk lebih pandai dalam memilih material dan merek yang berkualitas. Harga murah tentunya berkorelasi dengan kualitas produk.

Baca Juga : Banyak Keuntungan, Pakai Movable Partition Sekarang Juga!

Jika bahan terlalu tipis akan sulit untuk mendapatkan hasil pemasangan yang presisi. Hal itu membuat jendela melar saat terkena tekanan screw sehingga menyebabkan terjadinya inkonsistensi bentuk. Pemasangan yang tidak presisi akan menyebabkan terjadinya kebocoran jika terkena air hujan atau air dari kamar mandi. Tak hanya itu saja, jendela jenis aluminium bermutu rendah akan memuai saat terjadi perubahan suhu drastis dan mudah lepas.

Tips Mengecek Jendela Aluminium Agar Mendapat yang Berkualitas

Ada banyak sekali contoh kasus jendela atau pintu aluminium yang cepat rusak akibat menggunakan bahan yang tipis dan berkualitas rendah. Oleh karenanya, pengecekan bahan saat melakukan pembelian menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Lantas, bagaimana cara mengetahui jendela yang hendak Anda beli berkualitas baik atau buruk? Berikut kami berikan tipsnya.

1. Ketahui Spesifikasi Jendela

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika hendak membeli jendela aluminium adalah menanyakan kepada penjual mengenai spesifikasi dari setiap produk. Jika Anda ingin memilih yang harganya murah, tanyakan  perihal kelebihan dan kekurangan dari setiap merek. Terkait keindahan, Anda dapat mencari tahu dari segi warna dan ketersediaan barang di toko tersebut.

2. Pastikan Ketebalan Bahan Sesuai Standar

Tanyakan kepada penjual mengenai segi ketebalan material jendela yang hendak Anda beli. Kualitas material yang bagus harus memiliki ketebalan minimal 1 mm. Setelah itu, Anda juga harus memerhatikan penyelesaian akhir dari jendela berbahan aluminium yang hendak Anda beli. Proses penyelesaian akhir yang buruk akan menyebabkan jendela tidak presisi saat dipasang dan menyebabkan terjadinya kebocoran jika terkena air.

3. Sesuaikan dengan Desain Interior Bangunan

Anda harus memastikan jendela yang hendak Anda beli sesuai dengan konsep atau gaya arsitektur yang diusung. Hal itu amat penting agar terjadi keserasian antar elemen interior dan eksterior bangunan. Jangan sampai setelah Anda membeli, ternyata tidak cocok dengan ukuran dan konsep arsitektur bangunan.

4. Perhatikan Model dan Warna

Selain ukuran dan konsep, memilih model dan warna menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Pastikan model dan warna jendela sesuai dengan bangunan. Pilihlah warna dan model yang serasi dengan bangunan. Serasi bukan berarti harus sama persis, melainkan cocok untuk dipadupadankan. Agar lebih aman, pilihlah warna netral dan soft.

Hal terpenting adalah Anda harus mempertimbangkan kualitas jendela aluminium yang hendak dibeli dan budget yang Anda miliki. Demikian tips dari kami. Semoga bermanfaat.