Ragam Ukuran Keramik dan Flooring Lainnya untuk Lantai Hunian

Selama ini, keramik merupakan jenis penutup lantai yang sering dipilih kebanyakan orang. Tak hanya mudah didapatkan, jenis keramik juga memiliki harga yang cukup terjangkau sehingga disukai banyak kalangan. Variasi motifnya juga beragam dengan ukuran yang beragam pula. Namun, jika Anda menginginkan sentuhan yang lebih modern maka lantai marmer, kayu, atau parket, nampaknya bisa jadi pilihan. Ketiganya memiliki tampilan yang lebih mewah nan elegan sehingga sangat cocok jika Anda mendambakan hunian yang berkelas.

Ukuran Keramik Hunian

Ukuran Keramik Hunian

Saat memilih lantai, selain menentukan model dan jenisnya, Anda juga harus menentukan ukurannya. Begitu pula dengan lokasi pemasangan. Sebagai contoh untuk lantai ruang utama seperti ruang tamu dan ruang keluarga, maka pilih motif dan warna lantai yang sesuai dengan warna dinding. Ukuran lantai juga harus disesuaikan karena umumnya tersedia banyak pilihan ukuran lantai yang mungkin bisa membuat Anda kebingungan.

Seperti ukuran keramik untuk lantai yang tersedia mulai dari 20 x 20 cm hingga 60 x 60 cm. Tak hanya persegi, tersedia juga ukuran persegi panjang yaitu 25 x 33 cm, 25 x 50 cm, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk keramik dinding, ukurannya juga bervariasi. Ada yang 20 x 20 cm, 20 x 25 cm, ukuran 20 x 40, dan masih banyak lagi yang biasanya juga diimbangi dengan perbedaan ketebalan keramik.

Ukuran Lantai Kayu

Ukuran Lantai Kayu

Sementara itu, jika Anda menginginkan jenis kayu maka ukurannya beda lagi. Baik lantai kayu maupun parket tersedia dalam bentuk kepingan dengan ukuran yang bervariasi. Mulai dari parket kayu jati yang tersedia dalam ukuran 1.2 x 5 x 20 cm, ada juga yang lebih panjang yaitu 1.2 x 7 x 30 cm, bahkan ukuran panjang tersebut ada yang tersedia hingga 70 cm. Lalu ada juga jenis flooring jati yang tersedia dalam ukuran 1.5 x 9 x 30 cm, tetapi juga tersedia sampai 120 cm.


Baca juga: Mudahnya Pemasangan Paving Block Untuk Halaman Anti Becek

Terlepas dari ukurannya, jenis ini tentunya bisa jadi solusi bagi Anda yang tidak suka melihat adanya penghubung pada keramik. Saat dipasang, susunan kayu pada lantai akan terlihat elok nan eksotis. Bahkan kepingan tersebut bisa dipasang sesuai dengan pola yang disukai sehingga lantai nampak lebih ekspresif dan tidak membosankan.

Ukuran Lantai Marmer

Lain jenis, lain pula ukurannya. Namun, sama seperti ukuran keramik lantai, ukuran marmer ini juga cukup bervariasi. Mulai dari ukuran standar yaitu 30 x 40 cm, 40 x 60 cm, 30 x 60 cm, 60 x 60 cm, hingga ukuran 60 x 120 cm. Lalu, tersedia juga ukuran besar (lembaran) di atas satu meter. Ketebalannya pun juga beragam, mulai 1.8 cm hingga marmer yang memiliki ketebalan mencapai 2 cm. Dengan ketebalan tersebut, tentu marmer bisa jadi pilihan tepat jika Anda menginginkan lantai yang kokoh, kuat, dan tahan lama.

Ukuran Lantai Marmer

Itulah beragam ukuran lantai baik dari jenis keramik, kayu, maupun marmer. Sama seperti ukurannya yang berbeda-beda, cara pemasangan ketiga jenis lantai tersebut juga berbeda. Dari keramik yang harus dipasang menggunakan perekat keramik dan dihubungkan dengan tile grout (pengisi nat atau penghubung keramik). Lalu lantai kayu yang dasarnya harus dilapisi dulu dengan layer berbahan foam atau plastik yang kemudian disusun saling mengunci satu sama lain dengan bantuan perekat, serta marmer yang dipasang dengan perekat khusus marmer juga.