Pintu Lipat Berbahan Aluminium

Pintu adalah bagian yang paling penting dalam pembangunan rumah. Pintu diperlukan untuk akses jalan masuk ke rumah atau jalan keluar dari rumah. Selain digunakan sebagai akses keluar masuk rumah, pintu menjadi salah satu bagian rumah yang bisa dijadikan suatu karya seni. Dari pintu rumah saja dapat mewakili keindahan sebuah rumah. Untuk rumah dengan konsep minimalis, pemilihan desain pintu yang tepat akan membuat rumah menjadi semakin menarik. Banyak desain pintu yang dapat gunakan sebagai model pintu untuk rumah kalian.

Beda dengan pintu jaman dahulu, sekarang pintu rumah ikut mengalami evolusi seiring berkembangnya jaman. Dulu pintu dibuat sangat sederhana sekali, hanya berupa satu atau dua daun pintu yang dipasang hanya bisa membuka atau menutup. Namun seiring berkembangnya jaman banyak desain pintu yang ada sekarang. Berikut contoh model pintu yang sering digunakan:

Pintu kayu berukir

Pintu kayu berukir sering ditemukan hanya di indonesia, selain tempat pengambilan bahan baku yang masih banyak di jawa, pengrajin kayu yang membuat pintu tersebut kebanyakan tinggal di indonesia.

Model pintu geser

Seperti namannya untuk membuka atau menutup pintu harus dengan cara menggeser pintu tersebut. Model pintu geser ini cocok sekali digunakan untuk ruangan yang berukuran besar. Konsepnya seperti pintu biasa namun secara teknisnya cara membuka pintu harus digeser bukan di dorong, karena pintu tidak di pasangi engsel. Kebanyakan pintu dengan model pintu geser sering ditemukan di daerah jepang.

Baca juga: Cara Ampuh Membersihkan Kotoran Hewan Di Karpet

Model pintu lipat

Mirip seperti dengan pintu lipat, bedanya pintu yang awalnya mempunyai lebar dengan ukuran besar, dibagi – bagi menjadi bebarapa bagian daun pintu dan tiap daun pintu terpasang engsel guna melipat pintu tersebut sesuai arah lipatan engselnya. Sehingga pintu yang awalnya sangat lebar bisa ditutup secara dilipat.

Selain tiga contoh desain diatas, masih banyak desain pintu yang bisa kalian gunakan sebagai contoh membuat pintu rumah kalian. Tak harus berbahan kayu, banyak juga bahan pintu yang bisa kalian pilih untuk digunakan sebagai bahan pintu rumah kalian. Pintu dari bahan alumunium sekarang menjadi salah satu pilihan bahan yang sering dipakai. Karena berat yang lumayan ringan, pintu dari bahan alumunium juga terkenal memiliki kemudahan saat pemasangan.

Pintu berbahan alumunium terbilang sudah banyak sekali beredar di pasaran. Dahulu pintu seringnya dibuat hanya dengan model sederhana dan terbuat dari bahan kayu, akan tetapi jaman sekarang pintu lipat alumunium menjadi salah satu model pintu yang disenangi masyarakat modern. Alasan dari masyarakat yang suka dengan pintu berbahan alumunium adalah dari harganya yang bisa dibilang lumayan murah. Selain itu bahan dari alumunium jarang sekali berkarat dan lapuk atau keropos.

Sebenarnya pintu lipat tidak hanya dipasang sebagai pintu di bagian utama suatu rumah, namun selain itu pintu lipat bisa digunakan untuk garasi rumah atau pintu pagar rumah. Pintu lipat minimalis yang dibalut cat dengan warna terang dapat membuat rumah kalian semakin terlihat menarik.

Untuk mendapatkan pintu lipat di era kemajuan teknologi, bisa membeli melalui toko online yang menyediakan pintu lipat. Namun jika bagi kalian yang kurang mengikuti dalam era kemajuan teknologi kalian bisa langsung pesan di toko – toko bangunan atau aksesoris rumah di sekitar kalian. Selain dua cara tersebut, kalian juga bisa menyewa tukang untuk membuat pintu lipat selera kalian.