Pentingnya Menggunakan Floor Hardener Pada Area-area Heavy Duty

Di dalam dunia konstruksi terdapat pekerjaan lantai yang berfungsi memperkeras permukan beton yang disebut dengan floor hardener.  Dalam proses pengerjaannya dilakukan oleh kontraktor penyedia jasa floor hardener terpercaya yang ada di Indonesia.

Floor Hardener

Floor hardener merupakan campuran semen serta bahan lainnya (agregat) yang membentuk partikel-partikel dalam ukuran tertentu. Partikel floor hardener akan mengisi pori-pori beton sehingga kepadatannya meningkat. Pada akhirnya, lantai menjadi lebih keras dan memiliki ketahanan terhadap abrasi. Selain itu, ada beberapa alasan pentingnya menggunakan floor hardener.

Floor Hardener Penting Digunakan Pada Berbagai Area

Pada dasarnya area pekerjaan floor hardener sangat beragam. Yang pasti floor hardener diperlukan pada area lantai beton yang merupakan area dengan lalu lintas ringan, menengah atau berat. Jadi floor hardener dapat diaplikasikan pada lapangan olahraga, pabrik, gudang pabrik, area bongkar muat, bandara, tempat parkir dan lain sebagainya.

Debu, Kikisan dan Goresan Beton Dapat Diminimalisir Dengan floor hardener

Kepadatan dan kekerasanfloor hardener, membuat permukaan beton tidak mudah tergores dan terkikis karena permukaan beton lebih rata dan licin. Selain itu, dengan pori-pori yang lebih kecil,floor hardener juga tidak mudah berdebu dan kemasukan material-material yang dapat merusak beton lebih cepat.

Area Lantai Menjadi Lebih Kuat Menahan Beban

Ada dua jenis floor hardener, yakni metallic dan non metallic. Jenis floor hardener metalik mengandung campuran bubuk besi. Jenis ini biasa digunakan jasa floor hardener pada area-area heavy duty, dimana perangkat-perangkat berat umumnya diletakkan atau berlalu lalang, seperti misalnya area produksi pabrik, area bongkar muat pelabuhan dan lain sebagainya.

Dengan penambahan floor hardener pada permukaan beton, maka beton akan mengalami peningkatan kepadatan. Pada akhirnya, hal tersebut membuat beton menjadi lebih keras dan otomatis lebih kuat dalam menahan beban.

Dengan floor hardener Usia Beton Bisa Bertambah

Peningkatan kekuatan dan daya tahan beton tentu juga berpengaruh pada usia penggunaan beton. Setelah menggunakan floor hardener, beton bisa digunakan lebih lama 50% dari usia pakai reguler. Selain itu, apabila di kemudian hari mulai terlihat retakan-retakan, bisa dengan cepat diatasi dengan melapisi ulang floor hardener.

Baca juga: Pintu Lipat Berbahan Aluminium

 

Biasanya jasa floor hardener menggunakan material dalam tekstur bubuk atau powder (dry mix) saat pekerjaan floor hardener pertama kali. Namun, untuk melapisi floor hardener yang mulai rusak, digunakan floor hardener dalam bentuk cair (liquid).

jasa floor hardener

Floor Hardener Bisa Menghemat Biaya Perawatan dan Perbaikan Beton

Karena usia guna beton lebih panjang, tentu bisa menjadi efisiensi untuk biaya perawatan dan perbaikan beton. Biaya untuk pekerjaanfloor hardener sendiri bisa berbeda-beda tergantung harga yang ditentukan oleh jasa penyedia floor hardener. Tentunya ada bebera faktor yang menjadi pertimbangan :

  • Jenis area yang akan dilakukan pengerasan
  • Luas permukaan yang akan dikerjakan
  • Biaya jasa pengerjaan
  • Penyewaan alat-alat yang dibutuhkan untuk pengerjaan
  • Merk bahanfloor hardener yang digunakan

Ada berbagai macam jenis dan merkfloor hardener. Semuanya sama baiknya, yang paling penting adalah teknik dan cara pengerjaan beton serta prosesfloor hardener dilakukan sesuai SOP. Namun demikian, salah satufloor hardener yang cukup terkenal adalah merk Sika. Selain hasilnya bagus,floor hardener Sika tergolong murah.

Harga floor hardener Sika Chapdur berwarna natural antara Rp. Rp. 85.000 – Rp. 120.000. Sementara untuk 1floor hardener Sika Chapdur berwarna (abu, merah, hijau) berkisar dari Rp. 150.000 – Rp. 350.000.

Harga tersebut merupakan harga kemasan 25 gr. Belum termasuk PPN yang mungkin dikenakan oleh toko atau ongkos kirim jika membeli online. Pastikan juga pada toko secara langsung karena harga mungkin saja berubah sewaktu-waktu.