Pengertian, Jenis dan Manfaat Floor Hardener

Floor Hardener

Tahapan konstruksi sangat beragam, sesuai dengan kebutuhan dari konstruksi yang hendak dibuat. Membangun gedung perkantoran tentu berbeda dengan rumah hunian. Demikian juga saat hendak membangun fasilitas yang memerlukan kekuatan lebih bagi lantai. Seperti misalnya membuat lapangan indoor maupun outdoor, lantai basement atau parkiran mobil. Diperlukan proses tambahan untuk meningkatkan kekuatan lantai berupa proses lantai floor hardener.

Pengertian Floor Hardener

Sesuai namanya, Floor hardener merupakan sebuah komposisi bahan campuran semen dan batu yang berfungsi menambah kekerasan ekstra pada lantai beton. Komposisi ini tidak akan memberikan pengaruh pada komposisi bahan kimia semen.

Komposisi floor hardener terdiri dari partikel campuran (graded) berukuran khusus, yang mampu meningkatkan kepadatan beton. Kepadatan beton meningkat karena partikel tersebut sanggup mengisi celah terkecil pori-pori lantai sehingga menyatu dengan material lantai beton. Dalam proses pelaksanaannya, floor hardener dilakukan dengan menggunakan mesin trowel.

Jenis Floor Hardener

Sebagaimana telah disebutkan, floor hardener dilaksanakan pada tempat-tempat dengan permukaan jalan atau lantai yang sering dilalui oleh beban berat. Seperti misalnya pada proyek jalan beton, gudang besar, pabrik, bandara, pelabuhan, tempat parkir, bengkel lokomotif, landasan pacu dan masih banyak lagi.

Proyek floor hardener akan dilakukan oleh penyedia jasa floor hardener Jakarta. Kontraktor floor hardener akan menyediakan dua varian floor hardener untuk pengisi lantai. Yakni berupa komposisi pengeras lantai logam dan pengeras lantai non logam.

Baca juga: Rumah Modern Masa kini, Butuh Ukuran GRC Board Yang Pas Untuk Ruangan?

 

Pada pengeras lantai logam dimaksudkan untuk lantai dengan beban berat yang ekstrim. Sangat cocok untuk area lintasan tangki dan logam. Floor hardener untuk proyek ini diterapkan berbentuk dry-shake atau wet on wet topping. Kontraktor floor hardener yang menangani proyek ini biasanya juga sudah berpengalaman di proyek pabrik industri berat yang ekstrim, serta instalasi militer.

Pengeras Lantai Non Logam merupakan jenis floor hardener yang umum digunakan pada proyek-proyek komersial dan industri reguler. Seperti isalnya tempat parkir, gudang, pabrik dan juga sekolah atau rumah sakit. Pengeras lantai ini diaplikasikan dalam bentuk dry shake.

Pengeras Lantai Liquid Hardener atau Dustproof merupakan jenis floor hardener yang menggunakan metode spray on atau penyemprotan. Jenis metode ini dapat memberikan perlindungan pada lantai secara efektif dan ekonomis. Lantai floor hardener ini banyak digunakan pada lahan parkir komersial dan juga perumahan.

Manfaat Floor Hardener

Pada dasarnya, tidak semua bangunan membutuhkan proses floor hardener. Namun demikian, pada saat Anda membutuhkannya, pastikan Anda menggunakan jasa kontraktor floor hardener yang berkualitas dan terpercaya.

Floor hardener sendiri memiliki manfaat yang tidak sedikit. Karena dengan proses pengerasan lantai tersebut, lantas semakin berkualitas dari ketahanan. Daya tahan lantai terhadap abrasi ataupun benturan, serta beban berat dapat dimaksimalkan. Imbasnya, masa pakai lantai pun menjadi lebih awet dari masa pakai standar pada umumnya.  Selain itu, pada saat ada kerusakan, umumnya lantai lebih mudah diperbaiki kembali. Itulah beberapa kelebihan lantai dengan aplikasi floor hardener.

Namun demikian, ada satu masalah yang kerap terjadi pada lantai dengan aplikasi floor hardener pada permukaannya. Yakni kemungkinan muncul atau terjadi retakan susut di permukaan. Walaupun hal ini minim pengaruh pada konstruksi keseluruhan, namun bisa mengakibatkan material lantai rusak apabila tidak segera dilakukan penanganan. Maka dari itu, pemilihan kontraktor floor hardener Jakarta yang dapat mengantisipasi hal tersebut merupakan hal penting. Agar resiko tersebut tidak sampai terjadi.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *