Pembuatan Lapangan Futsal Yang Sederhana

Futsal adalah salah satu olahraga yang sangat di gemari dari kalangan mana pun baik para orang tua, Mahasiswa, Pelajar ataupun anak-anak, olahraga ini biasanya dimainkan oleh kaum pria ada juga futsal wanita namun hanya beberapa dominannya adalah pria. Futsal ini terkenal dimana-mana baik di perkotaan ataupun pedesaan. Maka dari itu banyak orang-orang memanfaatkan situasi seperti ini dengan membuka usaha menyewa lapangan futsal. Bagi yang baru memulai usaha perlu ketahui bagaimana caranya membuat lapangan futsal yang sederhana namun banyak di minati?

Lapangan Futsal

Berikut cara pembuatan lapangan futsal sederhana

  • Lokasi Futsal

Buatlah lapangan futsal yang berlokasi startegis yang mudah di jangkau jika menggunakan kendaraan misalnya dekat Sekolahan, Dekat area perkantoran, Area perumahan atau dimanapun yang berlokasi sangat strategis dan mudah di temui.

  • Luas lapangan Futsal

Gunakan luas lapangan futsal sesuai dengan luas standard hal ini juga membuat para pemain futsal lebih nyaman agar bebas bisa bermain futsal.

Material pembuatan lapangan

  • Jaring

Untuk pembuatan lapangan futsal yang sederhana kita bisa mengganti tembok dengan penggunaan jaring yang mengelilingi lapangan.

  • Lantai

Hal ini perlu diperhatikan gunakan lantai lapangan futsal yang nyaman dan awet dalam artian tidak mudah retak atau rusak. Untuk lapangan futsal gunakan lantai yang kuat kita bisa gunakan Floor Hardener sebagai pelapis lantai. material ini berbentuk bubuk yang kemudian di taburkan ke beton lalu lakukan finishingnya menggunakan trowel untuk membuat lantainya mengeras. Selain di taburkan bisa juga di campur dengan pasir atau semen.

Fungsi Floor Hardener yaitu membuat permukaan lantai menjadi kokoh dan kuat selain itu membuat permukaan lapangan rata dan halus namun tidak membuat permukaan licin dan juga anti slip hal ini tentu sangat cocok untuk lapangan futsal karena tidak akan membuat pemainnya terpleset dan tidak akan ada bekas gesekan atau goresan.

Material pelapis lantai ini memiliki 2 warna yaitu natural dan berwarna untuk penggunaan lapangan tentu kita bisa menggunakan yang berwarna agar kita tidak perlu mengecat lagi. Harga Floor Hardener yang berwarna lebih mahal dari pada yang natural namun masih terjangkau

Harga Floor Hardener yang berwarna sekitar 10.000 rupiah perkilonya, Harga segitu terbayar dengan pengunaan jangka lama dan juga kualitasnya yang bagus selain itu dalam perawatan cukup mudah.

  • Ruangan pendukung

Kita bisa membuat kantor, ruang tunggu atau menyediakan Kantin, Toilet, Ruang ganti, Musholah ataupun Locker hal ini membantu para  pengunjung nyaman dengan fasilitas yang ada di lapangan futsal.

  • Peralatan pendukung

Dalam olahraga futsal pasti membutuhkan gawang, Bola meskipun bola terbilang awet namun kita perlu menyediakan lebih dari 2 bola, Papan skor untuk mencatat skor selama bermain, Jam untuk melihat kapan kita mulai bermain dan berhenti dan kapan kita mendapatkan skor, Rompi gunakan rompi yang memiliki 2 atau 4 warna yang berbeda, Lampu gunakan lampu yang dapat menyinari semua sudut lapangan atau peralatan lainnya.

Itulah beberapa cara membuat lapangan futsal yang sederhana kita juga perlu menghitung berapa uang yang akan kita keluarkan untuk membuat lapangan futsal. Kita juga bisa membuat lapangan futsal yang indoor ataupun outdoor, biaya pembuatan outdoor lebih murah dari pada yang indoor namun tentu beresiko ketika hujan turun. Selain lapangan yang nyaman pelayanan yang bagus juga akan membuat pengunjung tertarik untuk datang.