Mengenal 3 Jenis Gorden Minimalis

Salah satu pelengkap interior rumah yang cukup populer adalah gorden. Dengan fungsi utama sebagai penutup jendela dan pembawa cahaya serta udara ke dalam rumah, gorden memang menjadi salah satu aspek dekorasi yang cukup penting. Dengan pemilihan yang tepat,  selain bernilai estetis untuk memperindah ruangan, gorden juga bisa memenuhi fungsinya dengan sempurna.

Karena permintaan yang tinggi, kini sudah banyak toko yang khusus menjual gorden, termasuk toko yang jual gorden minimalis. Mereka menawarkan segala jenis gorden dari berbagai macam bahan dan model yang bisa disesuaikan dengan permintaan. Selain bisa langsung mencari gorden sesuai kebutuhan, Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan toko gorden jika tidak mengetahui secara pasti gorden yang cocok untuk rumah Anda. Dengan berkonsultasi, Anda akan dibantu memilih gorden yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda.

Gorden Minimalis Paling Populer

Memilih gorden harus disesuaikan dengan ruangan sehingga bisa memberikan kesan indah dan nyaman. Pertimbangkan juga kemudahan dalam membuka dan menutup gorden karena gorden yang tidak ribet tentu lebih menghemat waktu dan tenaga. Meskipun banyak jenis dan model gorden yang ditawarkan, namun kini gorden yang paling banyak dicari adalah model gorden minimalis. Selain karena simpel, harga gorden minimalis murah juga menjadi salah satu pertimbangan. Perkembangan rumah yang bergaya minimalis juga menjadi salah satu alasan mengapa gorden minimalis lebih banyak dicari.

Selain harga gorden minimalis murah, desain yang ditawarkan juga sederhana namun tetap elegan, dan sesuai untuk ruangan apa saja di rumah sehingga pembeli tak perlu repot mencari model lain untuk ruang satu dengan ruang lain di rumahnya. Dengan kreasi dari penjual, gorden minimalis pun kini bisa terlihat mewah apalagi jika diserasikan dengan interior rumah yang lain, seperti cat tembok atau wallpaper, karpet, dan perabotan lain yang ada di ruangan.

Jenis Gorden Minimalis 

Kain pembuat gorden pun banyak macamnya, ada kain blackout, semi blackout, dimout, satin, sutera, lace, chennile, katun, linen dan lainnya dimana masing-masing memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Sedangkan untuk jenisnya,  gorden minimalis  dibagi dalam 3 jenis, yakni pleated drapes, tab top curtains, dan grommet curtains. Biasanya di toko yang jual gorden minimalis sudah menyediakan contoh masing-masing jenis gorden dan pembeli tinggal menyesuaikan motif atau warna dan ukurannya saja.

1. Pleated Drapes

Pleated Drapes

Meskipun minimalis, namun gorden jenis ini terlihat klasik dan mewah dan banyak diadopsi hunian di Eropa. Dihiasi dengan wiru lipatan dengan jepit di bagian atas, gorden ini memberi kesan formal namun tetap terlihat rapi dan cantik. Salah satu jenis pleated drapes yang paling banyak ditawarkan toko yang jual gorden minimalis adalah pinch pleated drapes karena model ini yang paling banyak diminati. Selain itu, ada model box pleated drapes dengan lipatan yang masuk ke dalam dan memberikan kesan simpel.

2. Tab Top Curtains

Tab Top Curtains

Gorden jenis ini dilengkapi dengan kain berlubang untuk penyangganya dan tekstur kain yang digunakan adalah jenis kain tebal namun tetap bisa dilipat dengan baik dan tampilannya minimalis. Gorden jenis tab top curtains biasanya digunakan untuk jendela yang jarang dibuka.

Baca juga: Lingkungan Ramai Bikin Gak Nyaman? Atasi Dengan Material Peredam Suara

3. Grommet Curtains

Grommet Curtains

Jenis ini cukup populer digunakan di hunian minimalis. Tampilan dan style-nya memberikan kesan minimalis namun kasual. Biasanya gorden jenis ini menggunakan ring di bagian atas kain untuk memudahkan pemasangan gorden di penyangganya. Bermacam kain bisa digunakan untuk grommet curtains, mulai dari katun hingga linen. Model gorden ini juga mudah dibuka dan ditutup sehingga cukup disenangi pembeli.