Membedah Kualitas dan Harga Semen Terbaru Saat Ini

Saat ini, merek semen yang beredar di Indonesia semakin banyak saja. Bagi Anda yang hendak membangun rumah atau kontrakan. Atau mungkin, Anda berniat untuk terjun membuka toko bahan bangunan? Bisa jadi hal ini malah membuat Anda semakin bingung. Dengan semakin banyaknya pilihan semen ini, pastilah Anda bertanya-tanya, mana semen yang terbaik kualitasnya. Mana semen yang terbaik harganya. Apakah harga semen juga menentukan kualitasnya? Tapi ternyata,  belum tentu semen yang murah itu kualitasnya lebih jelek. Dan belum tentu juga yang semen yang mahal itu kualitasnya tidak bisa ditandingi oleh semen yang lebih murah.

Harga Semen Terbaru

Nah, untuk menentukan semen mana yang akan Anda pilih, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Hal-hal tersebut, berkaitan dengan apakah yang menjadi ukuran dari sebuah semen yang berkualitas.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali merek semen yang beredar. Namun demikian, ada tiga merek semen yang saat ini tengah mendominasi pasar bahan bangunan. Tiga merek semen itu adalah semen Tiga Roda, Semen Gresik dan Semen Holcim. Jadi, kali ini kita akan membandingkan kualitas ketiganya.

Mengukur Kualitas Semen

Ada beberapa kriteria yang bisa digunakan untuk mengukur kualitas semen. Diantaranya adalah kekuatan tekanan. Artinya, seberapa kokoh dan tahan semen tersebut terhadap tekanan setelah kering. Hal ini mutlak diperlukan, karena kita tentu mengharapkan bangunan yang kita buat, akan tetap kokoh dan tahan lama. Namun, jika semen digunakan untuk aplikasi structural, maka masalah seberapa kuat semen menahan tekanan, bisa dinomorduakan.

Kualitas Semen

Dari ketiga merek yang disebutkan di atas, semen Holcim dan semen merk Gresik memiliki kekuatan tekanan yang bersaing satu sama lain. Bisa dikatakan keduanya sama kokoh. Sementara tiga roda adalah merek semen yang nilai kuat tekannya agak kurang dari dua merek tersebut.

Selanjutnya, kualitas semen tersebut bisa dilihat dari berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkannya. Ternyata, Tiga Roda adalah semen yang paling cepat kering, ketimbang semen holcim dan semen Gresik. Sementara semen Holcim dan Semen Gresik tidak terlalu memiliki perbedaan yang signifikan dalam ukuran waktu kering. Namun demikian, Semen Gresik masih lebih lama keringnya dari semen Holcim.

Selain itu, kualitas semen juga bisa dilihat dari hal-hal seperti; teksturnya tidak menggumpal, semen tidak langsung tenggelam saat dimasukkan ke dalam air, kemasannya masih tertutup rapat, dan tentu saja sudah berkualitas SNI.

Perbandingan Harga Semen

Nah, setelah mengetahui soal kekuatan, durasi kering semen dan hal lain yang perlu diperhatikan ada faktor lain yang tidak kalah menentukan dalam menentukan merk semen mana yang akan dipilih. Faktor yang menentukan itu adalah harga semen tersebut. Hal ini tentu berkaitan dengan biaya yang kita perhitungkan saat membuat sebuah bangunan.


Baca juga: Hunian Mewah Cukup Dengan Harga Granit Lantai Murah


Umumnya semen yang dibeli adalah ukuran 40 Kg dan 50 Kg. Pemilihan berat semen untuk dibeli pun, disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila kebutuhan semen Anda dalam skala besar, tentu membeli semen ukuran besar membuat anggaran membeli semen menjadi lebih hemat.

Berikut ini adalah daftar harga semen terbaru merk Holcim, Gresik dan Tiga Roda:

HARGA SEMEN

SEMEN GRESIK 40kg Rp. 42,000
SEMEN SEGITIGA RODA 50kg Rp. 54,000
  40kg Rp. 46,500
SEMEN PC 40kg Rp. 47,500
SEMEN MERAH PUTIH 50kg Rp. 55,000
SEMEN HOLCIM 50kg Rp. 50,000
  40kg Rp. 44,000
SEMEN BATU RAJA 50kg Rp. 85,000

Itulah hal-hal yang harus Anda ketahui sebelum Anda memilih semen mana yang akan Anda beli. Jangan lupa sesuaikan mana semen yang akan Anda beli dengan kebutuhan Anda. Daftar harga semen terbaru tersebut juga bisa menjadi pegangan Anda, dalam menghitung biaya yang akan Anda anggarkan.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *