Mau Jadi Kontraktor ME? Jurusan Kuliah Berikut Bisa Bantu Mewujudkannya!

Menentukan jurusan kuliah kadang membuat beberapa orang kebingungan. Selain banyaknya jurusan yang bertebaran di masyarakat, prospek kerja setelah lulus pun biasanya menjadi pertimbangan. Namun, Anda bisa dengan mudah menentukan jurusan jika sudah jelas ingin bergelut ke bidang apa. Misalnya saja jika Anda berencana menjadi kontraktor mekanikal elektrikal, maka jurusan kuliah ini bisa dijadikan pilihan tepat!

Apa itu Kontraktor ME?

Sebelum beranjak pada jurusan kuliah yang cocok untuk menjadikan Anda sebagai kontraktor ME, sebetulnya apa sih kontraktor ME tersebut? Tidak jauh berbeda dengan kontraktor pada umumnya, di mana pihaknya mempunyai tugas dalam merancang dan merealisasikan proses pembangunan, baik gedung atau bahkan hunian. Bedanya, kontraktor ME ini khusus untuk menangani masalah pembangunan gedung di bidang mekanikal dan elektrikal.

Dalam sebuah pembangunan, segala hal yang bersifat mekanis dan kelistrikan adalah hal yang sangat krusial. Dengan begitu, kehadiran dari kontraktor ME ini sangat diperlukan. Sebab, apa yang dikerjakan oleh kontraktor ini sangat bersifat fungsional. Di mana jika tugasnya tidak dikerjakan, gedung atau bangunan tidak bisa berfungsi dengan optimal.

Jurusan Kuliah untuk Menjadi Kontraktor ME

Setelah Anda mengetahui perihal kontraktor mekanikal elektrikal dan betapa penting perannya dalam pembangunan, lantas bagaimana agar bisa menjadi kontraktor tersebut? Mengingat perannya yang cukup penting, banyaknya masyarakat yang butuh akan jasa ini, serta prospek kerja yang menjanjikan. Tak heran, banyak masyarakat yang berlomba-lomba mendapatkan posisi ini.

Agar bisa mewujudkan keinginan untuk menjadi kontraktor ME ini, Anda bisa mulai dengan kuliah di jurusan yang tepat dan kompatibel dengan bidangnya. Jurusan apa sajakah itu?

  • Teknik Sipil

Siapa yang tidak familiar dengan jurusan kuliah Teknik Sipil? Salah satu jurusan favorit dan menjanjikan penghasilan yang tinggi ini banyak dipilih oleh kebanyakan siswa-siswa yang ingin berkuliah. Bagi Anda yang berencana untuk menjadi kontraktor ME, maka mengambil kuliah jurusan Teknik Sipil bisa jadi pilihan. Pada perkuliahan ini, Anda akan belajar bagaimana perencanaan, perancangan, hingga eksekusi pembangunan sebuah gedung.

Tak hanya itu, segala hal yang berkenaan dengan sistem mekanikal elektrikal pun turut dipelajari di jurusan ini. Anda akan belajar segala hal berkenaan dengan mekanikal, kelistrikan, teknologi bahan bangunan, struktur-struktur bangunan dan lain sebagainya. Jurusan ini terbilang jurusan “paket lengkap”. Pasalnya, Anda bisa mendapatkan segala macam pelajaran di jurusan ini khususnya yang berhubungan dengan dunia konstruksi.

  • Arsitektur

Selain Teknik Sipil, jurusan arsitektur pun sebetulnya sangat memungkinkan untuk membawa Anda menjadi seorang kontraktor ME. Hanya saja, pada jurusan ini Anda difokuskan untuk membuat perancangan gedung yang indah dengan arsitektur yang kuat dan tepat guna. Namun, seorang kontraktor pun memang erat kaitannya dengan arsitek. Di mana harus sama-sama mengerti perihal rancangan bangunan agar segala sistem mekanikal dan elektrikalnya tepat.

Baca juga: Inilah 6 Fakta Unik Tentang Lampu LED Yang Bikin Penasaran

 

Di jurusan ini pun Anda akan tetap belajar masalah mekanikal dan kelistrikan. Namun, Anda harus tetap berjuang dan belajar lebih untuk nantinya memperdalam masalah mekanikal elektrikal tersebut.

  • Teknik Listrik dan Elektro

Adapun jurusan kuliah teknik listrik atau elektro. Sesuai namanya, jurusan ini sangat erat kaitannya dengan masalah kelistrikan. Anda akan belajar lebih dalam perihal masalah–masalah listrik di jurusan ini. Untuk menjadi kontraktor ME, jurusan kuliah ini pun bisa dijadikan pilihan. Seperti yang diketahui, kontraktor ME ini memang berkaitan dengan masalah sistem kelistrikan dan mekanikal. Sehingga harus orang yang paham akan masalah tersebut untuk bisa mengeksekusinya.

Pada dasarnya, kontraktor ME ini bisa ditempuh dengan jalur atau jurusan kuliah apapun. Yang terpenting, Anda harus mempunyai skill atau kemampuan mumpuni dalam melakukan perencanaan, perancangan hingga eksekusi sistem mekanik dan elektrikal saat pembangunan gedung berlangsung. Dengan begitu, keinginan untuk menjadi kontraktor ME bisa terlaksana secara optimal.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *