Macam-Macam Helm Proyek dan Makna di Balik Warnanya

Bagi kamu yang sering melewati wilayah pengerjaan proyek, atau mungkin punya saudara yang bekerja di proyek, maka pasti tau dengan helm keselamatan yang sering mereka pakai. Helm ini berwarna-warni, mulai dari kuning, merah, hingga hitam. Nah, ternyata, pemilihan warna ini bukan dipilih asal sesuai dengan warna kesukaan loh. Setiap warna yang dipakai menandakan posisi dan jabatan seseorang, helm juga mempermudah melacak keberadaan pemakainya.

Helm Proyek

Tujuan lain dari warna helm yang mencolok adalah untuk mengantisipasi terjadinya tabrakan antar-sesama pekerja. Dengan helm yang berwarna terang, posisi si pengguna bisa terlihat meski dari kejauhan. Lebih lengkapnya, inilah macam-macam jenis helm proyek yang sering digunakan.

Helm Warna Kuning

Berdasarkan aturan dari Worker’s Accident Insurance Institute helm keselamatan ini dibagi menjadi 7 warna. Namun, setiap daerah tidak punya aturan yang baku terkait warna tersebut. Warna yang pertama adalah kuning terang. Warna ini paling sering terlihat di area pembangunan proyek. Ternyata, warna kuning ini dipakai oleh mereka dengan jabatan pekerja umum, operator, atau sub-kontraktor.

Helm Warna Putih

Helm Warna Putih

Pernah melihat pengguna helm warna putih melintas di sekitar bangunan proyek? Yap, jarang sekali. Karena warna putih ini pada dasarnya memang digunakan oleh mereka-mereka yang punya jabatan tinggi (atasan) dari perusahaan, seperti manager, insinyur, mandor, serta pengawas. Siap-siap beri salam hormat kalau bertemu dengan mereka yang menggunakan helm warna putih ini, mereka bukan sembarang orang.

Helm Warna Biru

Selanjutnya adalah helm warna biru yang dipakai oleh pekerja dengan jabatan sebagai site-supurvisor. Pekerja yang memakai helm biru ini biasanya mereka yang bekerja di bidang kelistrikan, operator teknis, ataupun pengawas sementara.

Helm Warna Hijau

Warna yang tak kalah sering terlihat adalah helm hijau. Sesuai dengan warnanya, helm proyek ini dipakai oleh pekerja yang mempunyai tugas yang berhubungan dengan lingkungan. Di area pembangunan proyek misalnya, pengguna helm hijau adalah peneliti lingkungan terhadap apa yang dibangun dan pengawas lingkungan. Orang-orang dengan helm berwarna hijau adalah sosok yang paling tau dengan keadaan lingkungan sekitar di mana pembangunan sedang berlangsung.

Helm Warna Merah

Selain warna kuning, warna yang sering mondar-mandir di sekitar proyek dalam jumlah banyak adalah pengguna helm merah. Jangan salah, mereka ini bukan tim pemadam kebakaran ya, tetapi para petugas keselamatan (safety officer) yang memastikan keamanan di sekitar proyek. Pengguna helm merah akan memastikan alat-alat dan sistem dalam pembangunan proyek aman dan tidak akan membahayakan pekerja.

Helm Warna Orange

Di dalam film, pengguna helm orange juga sering terlihat di area sekitar bangunan proyek. Nah, pengguna helm ini adalah para tamu yang datang dengan tujuan untuk meninjau kawasan tersebut. Mereka boleh jadi tamu perusahaan yang jabatannya di luar pekerja konstruksi.

Helm Warna Coklat

Helm Warna Coklat

Terakhir ada penguna helm coklat, siapakah mereka? Pengguna helm ini adalah para tukang las atau para pekerja yang mengoperasikan alat-alat dengan panas yang tinggi. Orang-orang yang menggunakan helm warna coklat ini sudah pasti punya keahlian khusus, tak semua orang bisa melakukannya.

Nah, setelah melihat perbedaan warna helm di atas, adakah yang ingin tau berapa harga helm proyek ini, bisakah ia dipakai oleh orang biasa? Jadi, helm proyek ini berkisar antara 30-60 ribu Rupiah. Kamu sebenarnya bisa membeli helm proyek ini di temtera.com, namun tentu tidak bisa dipakai sembarangan di area konstruksi di mana para pekerja mengerjakan pekerjaan mereka.