Macam – Macam AC Split Wall untuk Hunian dan Kantor

Harga Agen – AC (Air Conditioning) merupakan perangkat pendingin ruangan yang biasanya dipasang di rumah atau kantor. Tipenya ada banyak, yaitu ada tipe cassette, split wall, split duct, portable, central, dan standing floor. Namun, yang paling banyak digunakan untuk hunian dan ruangan kantor adalah jenis split wall. AC ini memiliki dua bagian yaitu indoor dan outdoor. Bagian outdoor diletakkan di dinding luar ruangan sedangkan bagian indoor dipasang pada dinding dalam ruangan. Berdasarkan cara kerjanya pendingin ruangan ini terbagi menjadi empat, yaitu low watt, standar, inverter, dan hybrid.

AC Split Wall Low Watt

Sesuai dengan namanya, jenis pendingin ruangan ini ramah listrik. Tarikan pertama saat AC dihidupkan tak memakan daya listrik yang terlalu tinggi. Sehingga hunian yang dayanya kecil pun tetap bisa memasang pendingin ruangan. Sayangnya, tipe low watt memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya saat dihidupkan AC tidak segera dingin, butuh waktu lama agar ruangan terasa dingin. Dari segi harga juga lebih mahal daripada jenis yang standar.

AC Split Wall Low Watt

AC Standar

Dibandingkan dengan AC low watt, AC standar memakan tarikan listrik yang cukup tinggi saat pertama kali dihidupkan. Namun, dalam hal mendinginkan ruangan tipe standar tergolong cepat. Tentu ini sangat cocok dipasang pada hunian yang berada di kota-kota besar yang suhu udara cenderung tinggi, seperti Jakarta, Surabaya, dan kota dataran rendah lainnya. Dari segi harga juga lebih murah dan kalau AC rusak, perbaikannya lebih mudah begitu pula dengan perawatannya.

Sementara itu, AC standar memiliki beberapa kekurangan seperti boros listrik apalagi jika sering dihidup matikan. Tarikan listrik saat pertama kali dihidupkan juga cukup tinggi, sehingga tak cocok untuk hunian yang daya listriknya kecil.

AC Inverter

Lebih bagus dari jenis AC standar dan low watt karena dilengkapi dengan beragam fitur menawan. Meski tarikan listrik saat pertama kali dihidupkan cukup tinggi, pendingin ruangan ini nyatanya cukup hemat listrik. Ini karena saat AC sudah dihidupkan, perangkat akan mengatur suhu ruangan dengan sendirinya. Ketika suhu ruangan sudah dingin, AC akan mempertahankan suhu tersebut, menjaganya tetap stabil, mengatir arus listrik, sehingga listrik menjadi lebih irit.

AC Inverter

Sama seperti jenis lainnya, AC inverter juga memiliki kekurangan. Dari segi harga, tipe ini lebih mahal dari AC standar dan low watt. Tarikan pertama cukup besar, sehingga tidak cocok dipasang jika hunian Anda memiliki daya listrik kecil. Meski dilengkapi fitur tambahan dan harga lebih mahal, perangkat ini tak secepat jenis standar dalam hal mendinginkan ruangan. Jadi, kalau Anda cari yang cepat dingin inverter bukanlah pilihan.

AC Hybrid

AC split hybrid merupakan inovasi terbaru dari pendingin ruangan yang tujuannya untuk menghemat penggunaan listrik. Perangkat ini juga memiliki fitur canggih yaitu pengguna bisa menentukan sendiri berapa kapasitas AC (PK) yang ingin digunakan. Sebagai contoh, hunian Anda menggunakan AC hybrid tipe 1 PK, maka Anda bisa sesuka hati menentukan PK mana yang akan digunakan, 1 PK, ¾ PK, atau yang ½ PK.

 

Baca juga: 5 Karpet lantai Ini Akan Sulap Ruangan Anda Menjadi Cantik dan Modern

 

Memilih AC tak boleh sembarangan. Tidak boleh asal murah, desain dan merek bagus, atau fitur oke, tapi Anda juga harus melihat kondisi tempat yang akan dipasangi pendingin ruangan. Perhatikan apakah ruangan sering dibuka tutup, luas ruangan, berapa orang yang ada dalam ruangan, dan daya listrik. Semuanya harus diperhatikan sebagai bahan pertimbangan pemilihan AC.