Ketahuilah Penyebab Masalah Pintu Seret dan Bagimana Cara Mengatasinya

Sebagai bagian dari bangunan, pintu jelas memegang peranan sangat penting. Saat ini sudah banyak jenis material untuk membuat kusen dan pintu. Sebut saja selain material kayu, ada juga material aluminium dan pintu UPVC. Walaupun demikian masih bisa dikatakan material kayu masih merupakan salah satu material kusen dan pintu yang populer di tengah masyarakat.

Penyebab Pintu Seret

Di tengah kepopulerannya, pintu dengan material kayu kerap kali mengalami masalah pintu seret. Dimana pintu jadi sulit dibuka dan ditutup. Biasanya ada beberapa penyebab pintu kayu menjadi sulit dibuka dan ditutup.

Pintu Memuai atau Menyusut

Pintu yang merupakan penghubung bagian luar dan dalam rumah, dapat mengamali pemuaian dan penyusutan. Hal itu terutama pada saat terjadi perubahan cuaca ekstrem, misalnya dari cuaca terik tiba-tiba hujan deras.

Semua pintu memiliki resiko memuai dan menyusut. Namun, material yang mengalami dampak paling parah adalah pintu dari material kayu.  Untuk meminimalisir, pastikan kayu yang digunakan sebagai bahan baku bukan kayu yang masih basah ataupun kayu muda, sebab dapat menyebabkan ukurannya menjadi mudah berubah.

Engsel yang Tidak Sesuai

Engsel berfungsi menahan pintu baik pintu kayu, pintu UPVC atau lainnya. Salah memilih engsel atau memasangnya pada posisi yang kurang tepat, dapat mengakibatkan engsel tidak kuat dalam menahan beban daun pintu. Sehingga lama kelamaan posisi akan semakin turun hingga menyentuh permukaan lantai. Pintu pun menjadi sulit dibuka dan ditutup.

Mengatasi Pintu Seret

Pintu kayu yang mulai seret, harus cepat diatasi. Karena jika tidak, akan menyebabkan masalah semakin lama semakin parah. Oleh karena itu, lakukan hal berikut ini untuk mengatasi pintu rumah Anda yang seret.

  1. Pastikan memilih jenis kayu dengan kekeringan lebih dari 15 persen untuk menghindari kemungkinan kayu melintir.
  2. Berikan jarak kurang lebih 1 cm dari permukaan lantai, untuk mengantisipasi pemuaian dan penyustan pintu. Sehingga membuat pintu  tidak cepat seret.
  3. Gunakanlah jenis dan ukuran engsel yang sesuai dengan ukuran daun pintu Anda. Pastikan engsel terpasang dengan posisi yang sesuai. Engsel bawah dipasang pada posisi 30 cm di atas lantai. Sementara untuk engsel atas dipasang pada posisi 50 cm dari bagian atas kusen.
  4. Anda dapat membongkar pintu yang seret, kemudian mengatasi masalah yang terjadi. Cara membongkar dan memperbaiki pintu adalah seperti berikut ini:
  • Lepaskan engsel pintu dengan menggunakan linggis atau obeng.
  • Angkat pintu secara perlahan dan letakkan daun pintu pada lantai secara hati-hati.
  • Lepaskan skrup pada pintu, agar daun pintu dapat berdiri tegak.
  • Gunakan alat ukur, dan tandai dengan pensil bagian yang hendak dibuang/diserut dari pintu yang memuai. Lakukan pada kedua sisinya.
  • Ganjal pintu dengan menggunakan kayu, serut bagian yang sudah ditandai.
  • Setelah pintu selesai diserut, haluskan permukaannya dengan menggunakan amplas kayu.
  • Bersihkan kembali daun pintu dari debu dan bekas serutan, kemudian cat daun pintu hingga rata. Tunggu hingga cat mengering sebelum dipasangkan.
  • Pasangkan kembali daun pintu pada kusen pintu. Jangan lupa untuk memastikan jenis dan ukuran engsel serta peletakan engsel yang sesuai sebelum engsel kembali dipasangkan.
  • Setelah pintu terpasang, cek kembali pintu dengan cara dibuka dan ditutup dan pastikan sudah tidak ada masalah pintu seret.

Jika Anda sudah lelah untuk mengatasi masalah pintu kayu yang seret karena pemuaian, Anda bisa pertimbangkan untuk menggantinya. Alternatif lain dalam mengatasi pintu kayu yang kerap kali seret karena pemuaian adalah menggantinya dengan pintu UPVC.

Baca juga: Lantai Vinyl yang Wajib Diaplikasikan untuk Lantai Rumah Sakit!

 

Salah satu kelebihan pintu dari UPVC adalah pemuaiannya yang tidak sedrastis kayu. Selain itu, pintu dari material UPVC juga ringan dan tidak akan terkena rayap. Sehingga lebih tahan lama karena tidak ada resiko menjadi lapuk. Harga pintu UPVC pun tergolong murah jika dibandingkan dengan pintu kayu.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *