Kelebihan dan Kekurangan Pintu PVC untuk Kamar Mandi

Jenis-jenis pintu yang digunakan oleh masyarakat sangat beragam, bahkan dalam satu rumah biasanya terdapat beberapa jenis pintu yang berbeda mulai dari kayu, kaca, logam, alumunium, PVC dan masih banyak lagi. Namun kali ini pintu yang akan kita bahas adalah PVC, simak baik baik ya guys biar tak salah tempat pemasangan.

Pintu PVC Kamar Mandi

Kelebihan dan Kekurangan Pintu PVC

PVC  terbuat dari bahan polimer termoplastik. Sebat terbuat dari plastik pintu PVC lebih tahan terhadap air, biasanya pintu ini digunakan pada area yang lembab dan sering terkena percikan air seperti kamar mandi, dan ruang bawah tanah. Sebelum menggunakan PVC sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang kelebihan dan kekurangannya :

Kelebihan Pintu PVC

  1. Anti air. Sebab berbahan dasar plastik pintu ini sudah pasti tahan terhadap air, walaupun terkena percikan air dalam waktu yang lama tak akan membuat bentuk pintu berubah.
  2. Anti rayap, belum pernah ditemukan rayap makan plastik. Jadi sudah dapat dipastikan pintu anda akan aman.
  3. Anti karat, pintu anda akan aman dari proses pelapukan akibat karat, karena karat hanya bisa muncul pada benda logam saja.
  4. Awet. Sebab tak mungkin dimakan rayap dan berkarat walaupun terkena air secara terus menerus pintu anda akan tetap kokoh berdiri dan tak mudah lapuk.
  5. Mudah dipasang, anda bisa memasang sendiri pintu ini tanpa bantuan orang lain dan menggunakan alat yang sederhana, sebab pintu ini memiliki bobot yang ringan jika dibandingkan dengan jenis pintu lain, sebut saja kayu dan kaca. Aktivitas bongkar pasang pun terasa lebih nyaman sebab jika terkena benturan atau jatuh pintu tak mudah rusak.
  6. Ekonomis. Harga pintu PVC terbilang cukup terjangkau. Mulai dari Rp 300.000 – Rp 1.500.000. Bisa dibilang ekonomis selain dari segi harga yang murah penggunaannya yang jangka panjang cukup emnajdi bahan pertimbangan. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk biaya ganti pintu baru.
  7. Mudah dibersihkan. Jika kotor anda cukup membersihkannya menggunakan air dan sabun, kalau ada noda kerak yang menempel cukup disemprotkan cairan kamar mandi, tunggu beberapa saat, sikat lalu bilas.
  8. Pilihan motif bergam dan beraneka warna.

Kekurangan Pintu PVC

  1. Tidak ramah lingkungan. Alasan pertama adalah karena pintu uPVC berbahan dasar plastik yang sulit diurai oleh tanah, jadi bisa meningkatkan pencemaran lingkungan, yang kedua proses produksinya menghasilkan limbah dan polusi bagi lingkungan sekitar, akibatnya bisa mencemari udara, tanah, dan air yang sangat berbahaya bagi makhluk hidup. Dan yang terakhir bahan PVC bisa menghasilkan gas beracun yang disebut VOC. Untuk beberapa orang gas ini bisa memicu alergi mulai dari ringan hingga parah.
  2. Tidak bisa digunakan di luar ruangan. Walaupun PVC kuat namun tidak bisa terkena paparan sinar matahari langsung. Jika digunakan di luar ruangan dan terkena paparan sinar matahari terus menerus dalam jangka waktu yang lama, pintu akan mengalami degradasi. Lama kelamaan pintu akan menjadi rapuh, retak, dan hancur. Belum lagi warna pintu yang mulai memudar sehingga terlihat tidak cantik lagi. Terkena panas matahari langsung juga bisa mengakibatkan material pintu memuai sehingga sulit untuk dibuka tutup.
  3. Tidak tahan api. Material PVC sangat membencinya api, jika terkena suhu panas atau bersinggungan langsung dengan api, pintu anda bisa meleleh selayaknya plastik biasa. Pintu yang meleleh tidak bisa digunakan kembali.