Yuk Cari Tahu Berbagai Jenis Lantai Vinyl

Jenis Lantai Vinyl

Saat ini, anda dapat memperindah rumah dengan melakukan berbagai hal, mulai dari mengganti warna cat rumah, menambahkan berbagai furniture, ataupun dengan mengubah desain interior suatu ruangan. Nilai estetika suatu ruangan pun, kini menjadi salah satu hal yang penting di dalam rumah modern.

Pasalnya, selain untuk beristirahat dari padatnya aktivitas yang kita jalani, tentunya kita juga harus menciptakan rasa nyaman di dalam rumah sendiri. Rasa kenyamanan di dalam rumah dapat diwujudkan dengan memperindah ruangan. Hal ini dimaksudkan agar anda dapat beristirahat dengan tenang sambil memandang keindahan ruangan yang juga dapat dijadikan sebagai sarana relaksasi tambahan. Selain itu, keindahan suatu ruangan dapat membuat siapapun yang berkunjung ke rumah anda menjadi terkagum-kagum.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menambah nilai estetika ruangan di rumah anda adalah dengan menggunakan lantai vinyl. Penggunaan lantai ini dipandang lebih baik dibanding lantai keramik. Hal ini dikarenakan lantai ini lebih nyaman dan lembut ketika dipijak, harganya yang lebih murah dibanding lantai keramik, serta menawarkan berbagai corak dan warna yang tentunya dapat menjadikan ruangan di rumah anda menjadi terlihat lebih menarik. Selain itu, pemasangan lantai berbahan vinyl ini dipandang lebih mudah dibanding proses pemasangan lantai keramik.

Jenis-jenis lantai vinyl

Jika anda tertarik untuk memasang lantai vinyl, maka hal selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah mengenai berbagai jenis lantai berbahan vinyl. Pengetahuan mengenai berbagai jenis lantai ini, nantinya akan memudahkan anda dalam menyesuaikan konsep desain interior ruangan yang akan anda buat. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak ulasan hargaagen.com satu per satu.

1. Vinyl plank

Vinyl plank

Jika anda menginginkan membuat tema ruangan yang menyatu dengan alam, kami menyarankan agar anda menggunakan jenis vinyl plank. Pasalnya, jika anda menggunakan vinyl plank, lantai rumah anda akan terlihat seperti menggunakan kayu sebagai material utamanya.

Hal ini tentunya akan menjadikan ruangan anda semakin indah, terlebih jika dipadukan dengan konsep alam yang telah anda siapkan sebagai tema desain interior ruangan di rumah anda. Biasanya jenis lantai ini memiliki lebar sekitar 10 cm – 20 cm dan panjang sekitar 90 cm- 100cm. Vinyl plank juga menyediakan 2 varian permukaan, yaitu embossed yang memiliki tekstur seperti kayu sungguhan, hal tersebut menjadikan lantainya tidak licin.

Varian selanjutnya adalah non embossed, permukaan jenis lantai ini memiliki tekstur licin dan halus yang nantinya akan memudahkan anda dalam membersihkan lantainya.

2. Vinyl tile

Vinyl tile

Vinyl tile adalah salah satu jenis lantai yang cocok bagi anda yang tidak ingin menggunakan lantai keramik, namun tetap memiliki kesan seperti lantai keramik. Seperti yang kita ketahui bersama, salah satu kekurangan penggunaan lantai keramik adalah mudah retak. Penggunaan vinyl tile dapat menghilangkan dampak negatif dari penggunaan lantai keramik tanpa harus menghilangkan nilai estetika yang diperoleh dari bentuknya yang kotak-kotak.

Baca juga: Lantai Vinyl yang Wajib Diaplikasikan untuk Lantai Rumah Sakit!

 

Pasalnya, anda juga dapat memilih berbagai warna dan corak lantai ini layaknya berbagai desain warna dan corak yang dimiliki oleh lantai keramik. Jenis vinyl yang satu ini memiliki ukuran panjang dan lebar sekitar 30 cm- 50 cm. Salah satu kelebihan jenis lantai ini adalah lantainya yang tidak terpengaruh suhu yang cukup rendah, dengan kata lain lantai ini tidak mudah untuk menjadi dingin layaknya lantai keramik.

3. Vinyl roll

Vinyl roll

Vinyl ini menyerupai karpet biasa. Namun, yang membedakan adalah vinyl roll menggunakan PVC sebagai bahan utamanya, sedangkan karpet, biasanya menggunakan nylon atau cotton sebagai bahan utama pembuatannya. Ukuran vinyl roll memiliki lebar sekitar 2 meter dan panjang yang dapat mencapai 25 meter. Jenis lantai ini juga tersedia dalam berbagai tampilan corak dan warna, sehingga anda dapat menyesuaikan lantai anda dengan konsep ruangan yang telah anda buat. Hal menarik lain mengenai vinyl roll adalah proses pemasangannya yang sangat mudah.

Satu hal terakhir yang akan kami sampaikan adalah anda juga dapat menemukan lantai ini dengan mudah. Pasalnya, saat ini sudah banyak toko yang jual vinyl lantai, sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan mengenai ketersediaannya. Sekian informasi jenis lantai vinyl yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat memudahkan anda dalam mewujudkan desain interior ruangan yang anda inginkan.