Jenis Lantai Vinyl Favorite Pendekor Interior

Vinyl merupakan jenis lantai yang dibuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride). Teksturnya sangat elastis dan halus sehingga mudah dalam pemasangannya. Vinyl umumnya dibuat dengan motif yang meniru jenis lantai lain. Seperti meniru motif marmer, bebatuan, kayu, dan lain sebagainya. Lantai ini memiliki keunggulan yang terletak pada daya tahannya yang cukup lama. Harganya juga cukup terjangkau. Bahkan di Indonesia, jenis lantai ini banyak dimintai karena tampilannya yang dapat mempercantik hunian. Nah, jika Anda tertarik dengan lantai ini, berikut disajikan beragam jenis vinyl yang paling banyak digemari.

Kayu Vinyl Plank

Nampaknya, vinyl benar-benar menjadi solusi masalah lantai Anda. Jika, kedua jenis di atas bisa menggantikan peran keramik dan karpet, lantai kayu vinyl plank bisa menggantikan peran lantai kayu. Ya, penutup lantai satu ini memiliki bentuk yang sama persis dengan lantai kayu. Bahkan cara atau pola pemasangannya pun juga sangat mirip. Berbentuk persegi panjang, lantai ini memiliki panjang sekitar 90 hingga 100 cm dan lebar 10 hingga 20 cm. Dan ciri khasnya terletak pada ukuran tersebut.

Meski hanya tiruan, vinyl motif kayu ini dibuat dari potongan-potongan kecil kayu dari jenis merbabu, ulin, jati, dan jenis kayu lainnya. Sehingga, saat dilihat sekilas penampilannya sangat mirip dengan lantai dari kayu asli. Jadi, Anda tak perlu ragu kalau ingin menjadikan material ini sebagai pengganti lantai kayu.

Lantai Vinyl Tile

Lantai Vinyl Tile

Vinyl tile merupakan solusi menarik bagi Anda yang tidak menyukai keramik karena berbagai alasan tertentu. Dari mudah retak, tergores, motif kurang banyak, atau segenap alasan lain. Vinyl tile menjawab masalah tersebut. Material ini memiliki corak yang sangat mirip dengan keramik, Bahkan ukurannya pun juga seperti ukuran keramik pada umumnya. Kendati demikian, pemasangannya tidak seperti keramik, bahkan lebih mudah, sederhana, dan hemat waktu.

Dalam pemasangannya, lantai vinyl tidak memerlukan nat (celah sambungan antar keramik) layaknya keramik. Pemasangan vinyl hanya membutuhkan perekat khusus sehingga sambungan antara satu lantai persegi vinyl dengan yang lainnya menjadi nyaris tidak terlihat. Bagaimana, tertarik untuk melapisi lantai dengan material vinyl tile?

Karpet Vinyl Roll

Karpet Vinyl Roll

Karpet vinyl tidak dibuat dari bahan nilon atau katun seperti karpet pada umumnya, melainkan dibuat dari bahan PVC. Disebut karpet karena memang bentuknya menyerupai karpet. Di pasaran, karpet vinyl ini dijual dalam satuan roll dengan panjang sekitar 25 meter dan lebar mencapai 2 meter. Jenis ini sangat cocok dijadikan pelapis lantai karena motifnya sangat menarik. Apalagi jika Anda bukan tipe orang yang menyukai karpet berbulu, ini tentu menjadi solusi menarik. Harga pun tak mahal, membersihkannya juga tak sesusah karpet pada umumnya. Cukup simpel, praktis, dan ramah kantong bukan?

Dari jenis tile, roll, dan lantai vinyl kayu, manakah yang paling menarik perhatian Anda? Pikirkan dan pertimbangkan dulu dengan baik. Dari segi harga memang murah, tapi untuk masalah lainnya bagaimana? Misalnya perihal bahan pembuatnya yang dibuat dari bahan PVC. Bahan tersebut melepaskan VOC ke udara yang dapat memberikan dampak penurunan kualitas udara dalam ruangan. Tentu ini sangat berbahaya bagi kesehatan.


Baca ini juga: Ingin Restoran Anda Lebih Instaramable? Yuk Ulas Triknya!

Vinyl juga rentan terhadap benda-benda tajam. Mungkin ini tidak terlalu menjadi masalah, tapi kalau Anda menyukai kesempurnaan, goresan benda tersebut dapat membuat permukaannya tak sempurna lagi. Oleh sebab itu Anda harus berhati-hati terhadap segala aktivitas yang menimbulkan gesekan.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *