Jenis Kanopi Berbahan Kaca yang Perlu Diketahui

Kanopi adalah atap tambahan pada sebuah rumah yang biasanya dipasang pada bagian luar. Di mana kanopi ini sendiri memiliki fungsi untuk menahan panas dan air seperti atap pada umumnya. Biasanya bagian rumah yang menggunakan atap tambahan ini adalah balkon atau teras rumah.

Jenis Kanopi Berbahan Kaca

Perkembangannya pada saat ini sendiri, kanopi tidak hanya sebagai pelindung saja tapi juga sebagai pelengkap estetika desain pada rumah. Salah satu jenis kanopi yang sering kali dipilih adalah kanopi kaca. Di mana jenis kanopi yang satu ini memiliki kesan yang sangat elegan. Nah, kanopi berbahan kaca sendiri ternyata ada beberapa jenis yang tentu saja perlu kamu ketahui.

Jenis Kanopi Kaca yang Sering Digunakan

Ternyata ada berberapa jenis kanopi berbahan kaca yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Setiap jenisnya memiliki kelebihan masing-masing. Berikut ini adalah jenis kanopi dengan bahan kaca yang sering digunakan:

1. Kanopi dengan kaca asli

Kanopi dengan kaca asli

Untuk kaca asli yang digunakan pada kanopi ini sendiri tidak berbeda jauh dengan kaca-kaca pada umumnya yang sering digunakan pada interior ataupun eksterior. Jenis kanopi berbahan kaca asli ini biasanya digunakan untuk hotel ataupun mall. Jenis kaca asli sendiri memiliki kelemahan mudah sekali pecah atau retak ketika adanya benturan keras. Sehingga harus diperhatikan ketebalannya.

2. Kanopi dengan kaca akrilik

Kanopi dengan kaca akrilik

Untuk kanopi kaca dengan bahan ini terlihat tidak memiliki perbedaan dari kaca asli. Memang jika diperhatikan akan terlihat sama dengan dengan jenis kaca yang biasanya sering kita temukan. Akan tetapi tentu saja kaca akrilik dengan kaca asli tetap memiliki perbedaan pada aspek lainnya.

Untuk kaca asli sendiri semakin tebal kaca maka daya serap cahaya sangat sedikit dan terlihat buram. Sedangkan untuk kaca akrilik sendiri bisa dikatakan tembus pandang atau transparan. Cahaya yang tembus dari kaca akrilik tidak akan berpengaruh akan ketebalannya, karena cahaya akan tetap terlihat jelas.

3. Kanopi dengan kaca tempered

Kanopi dengan kaca tempered

Jenis kanopi berbahan kaca yang sering digunakan adalah kanopi dengan kaca tempered. Kaca tempered pada kanopi ini biasanya akan disusun di atas hollow baja ringan. Kaca tempered sendiri terkenal akan kekuatannya yang tidak mudah retak apalagi pecah.

Di mana untuk keamanannya sendiri terbilang sangat tinggi. Jika kaca ini pecah, maka pecahan kaca akan berbentuk bulat sehingga tidak tajam dan melukai orang. Kanopi kaca tempered juga tahan terhadap panas matahari dibandingkan dengan kaca asli.

4. Kanopi dengan kaca sandblast

Kanopi dengan kaca sandblast

Jenis kanopi dengan bahan kaca terakhir yang perlu diketahui adalah kanopi dengan kaca sandblast. Kaca sandblast untuk kanopi adalah kaca yang dilapisi dengan lapisan berwarna atau biasa kita kenal sebagai lapisan kaca film. Di mana karena ada lapisan ini, kaca sandblast terlihat tidak bening atau terkesan buram.

Namun, walaupun tampilannya tidak bening, kaca sandblast ini dapat menahan panas dengan sangat baik. Sehingga membuat bagian bawah kanopi tidak akan terasa panas. Tampilan yang terkesan buram membuat jenis kanopi ini sangatlah cantik dan cocok bagi bangunan yang ingin mengedepankan kesan elegan dan klasik. Kanopi dengan jenis yang satu ini bisa dibilang lebih mahal dari jenis yang lainnya.

Itu adalah beberapa jenis kanopi dengan bahan kaca yang perlu diketahui. Kanopi kaca hingga saat ini dapat menjadi alternatif yang tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan bagian depan rumah terlihat berbeda dan tidak membosankan.