Inilah 6 Fakta Unik Tentang Lampu LED Yang Bikin Penasaran

Lampu LED (Light Emitting Diode) merupakan salah satu inovasi dari perkembangan jenis lampu yang memiliki fungsi untuk memberikan penerangan ruangan dengan sangat baik. Jenis lampu ini memiliki banyak ragamnya, namun yang saat ini sedang tren adalah lampu LED Strip. Pada umumnya, tipe lampu yang satu ini digunakan untuk kepentingan dekorasi ruangan dengan daya listrik yang dihasilkan sekitar 12 Volt.

6 Fakta Unik Tentang Lampu LED Yang Bikin Penasaran

Mungkin Anda sering melihat lampu ini karena saat ini mudah sekali ditemui di pasaran. Lampu ini memiliki bentuk yang memanjang dan menggunakan perangkat Chip SMD LED untuk memberikan beragam warna yang menarik. Maka, tak heran jika lampu ini lebih sering ditemui sebagai bagian dari elemen dekorasi karena memang memiliki daya tarik tersendiri yang bisa membuat suatu ruangan menjadi lebih cantik dan menarik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya sebagai penerangan furnitur seperti etalase untuk menciptakan nuansa yang lebih hidup karena pancaran sinar warnanya.

Fakta Unik Mengenai Lampu LED

1. Menggunakan Aliran Listrik Searah

Selama ini kita mengetahui bahwa lampu yang menyala di rumah – rumah dialiri arus listrik bolak – balik atau biasa disebut juga AC (Alternating Current). Tetapi, lain halnya dengan lampu LED strip. Jenis lampu ini terbuat dari komponen elektronik yang diaktifkan melalui aliran listri dengan arus searah atau DC (Dirrect Current). Meskipun begitu, model lampu yang satu ini tetap dapat digunakan di rumah karena memiliki perangkat yang dapat mengubah arus AC menjadi DC.

2. Tahan Banting

Pada umumnya, lampu listrik biasa memiliki penutup yang terbuat dari kaca sehingga akan mudah pecah bila terjatuh. Sementara LED penutup lampunya dibuat dari plastik sehingga relatif lebih awet dan tahan banting. Rusaknya penutup lampu yang sampai mengakibatkan pecah adalah suatu kejadian yang sangat langka dan jarang sekali ditemui. Kerusakan LED lebih sering diidentifikasi pada retaknya penutup lampu.

Baca juga: Fungsi Pasir Pasang Untuk Bangunan 

3. Tetap Berfungsi Meskipun Pecah

Jika Anda mendapatkan lampu LED strip yang retak dan bahkan pecah, jangan khawatir atau merasa dirugikan. Karena lampu ini tetap dapat berfungsi dengan baik meskipun terdapat kerusakan di bagian luarnya. Hal ini disebabkan karena LED tidak memerlukan gas untuk tetap menyala. Sementara jenis lampu yang lainnya seperti lampu neon, pijar, dan lampu hemat energi sangat mengandalkan gas yang tersimpan di dalam penutup lampu supaya dapat menyala.

4. Tidak Memerlukan Perawatan Yang Sulit

Pada dasarnya, tidak ada perawatan khusus yang perlu dilakukan untuk menjaga LED supaya tetap awet dan tahan lama. Hanya saja Anda perlu memperhatikan aliran listrik yang digunakan untuk menghidupkan lampu ini. Supaya dapat berfungsi dalam jangka waktu yang cukup lama, gunakanlah aliran listrik yang stabil.

5. Ramah Lingkungan

Karena tidak mengandung jenis gas apapun, LED dapat dijadikan sebagai pilihan penerangan yang ramah lingkungan dan tidak mengganggu kesehatan. Selain itu, lampu ini juga memiliki nilai efektivitas yang cukup tinggi sehingga setiap energi listrik yang diterimanya akan diubah menjadi cahaya. Dengan begitu, menghabiskan waktu yang cukup lama di dalam ruangan yang memanfaatkan lampu LED sebagai penerangan tidak akan membuat Anda gerah karena panasnya sinar lampu.

6. Instalasi Yang Tidak Sulit

Instalasi LED sangatlah sederhana karena dapat dipasang di berbagai bearing surface. Selain itu, lampu ini juga memiliki fisik yang lembut dan ringan. Dengan begitu, instalasi dengan menggunkan perekat dua sisi juga sangat mungkin dilakukan untuk mencapai fungsi tetap.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *