Hal Yang Membedakan Pintu UPVC Dengan Pintu Lainnya Yang Perlu Kamu Tahu

Pemilihan material yang tepat pada saat merenovasi bangunan merupakan hal yang sangat penting. Material ini harus kita sesuaikan dengan bagian mana yang akan kita renovasi. Pemilihan material sudah pasti akan mempengaruhi fungsi bangunan. Pemilihan material yang sesuai dapat mengoptimalkan fungsi dari bangunan tersebut. Selain memilih material yang cocok, pemilihan desain juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Desain yang sesuai dapat meningkatkan nilai estetika dari sebuah bangunan. Salah satu bagian penting dari bangunan adalah pintu. Pintu merupakan akses utama yang menghubungkan penghuni ruangan ke bagian luar.

Penggunaan pintu pada bangunan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan. Pintu merupakan sebuah penghubung dari luar ke dalam, dari ruang ke ruang yang dapat menjaga privasi kita dari ranah publik. Penggunaan pintu juga harus mepertimbangkan ukuran dan bahannya. Ukuran pintu yang lebar memungkinkan untuk dapat dimasuki benda yang berukuran besar contohnya pintu pada gerbang rumah, sedangkan ukuran pintu yang sempit akan memungkinkan akses yang sedikit misalnya pintu pada kamar mandi. Material pembuat pintu sangat bervariasi, mulai dari bahan kayu, plastik, serta kaca. Salah satu bahan berkualitas yang  bisa kamu pilih adalah UPVC.

Bahan UPVC sudah banyak digunakan pada bangunan seperti pada jendela dan pintu karena memilki kualitas yang bagus. UPVC atau Unplasticized Poly Vinyl Chloride merupakan material yang dikembangkan dari bahan PVC. Bahan dasar dari material ini adalah plastik PVC atau Poly Vinyl Chloride yang diproses lebih lanjut sehingga menghasilkan kualitas bahan yang lebih unggul. Bahan UPVC mengalami proses unplastisized untuk mengurangi sifat plastiknya sehingga memunculkan sifat baru yang lebih baik di antaranya lebih kokoh dan lentur sehingga cocok digunakan sebagai bahan untuk pintu. Mari simak kelebihan lain pintu UPVC dengan pintu lain sebagai bahan pertimbanganmu.

Tahan Panas

Bahan dari kayu dan plastik sangat mudah terbakar. Bahan kaca sendiri mudah memuai dan pecah apabila mengalami pemanasan pada suhu tertentu. Hal tersebut tentunya sangat berbahaya. Meskipun UPVC merupakan turunan dari plastik tetapi dibandingkan dengan bahan lainnya, pintu UPVC lebih tahan panas. Hal ini tentunya akan menurunkan resiko timbulnya kebakaran.

Baca Juga : Saat Membeli Jendela Aluminium, Lakukanlah Pengecekan Ini Agar Mendapat yang Berkualitas

Tahan Lama

Penggunaan pintu kayu biasanya lama kelamaan akan lapuk dan keropos akibat rayap. Salah satu keunggulan pintu UPVC adalah tahan rayap. Hal ini membuat penggunaan pintu ini sangat cocok untuk digunakan dalam jangka waktu lama.

Harga Sesuai Kualitas

Harga pintu tentunya sangat bervariasi tergantung dari bahan yang digunakan. Bahan kayu biasanya memiliki harga yang lebih mahal dan bahan plastik sendiri walaupun harganya biasanya lebih murah tetapi cenderung mudah rusak. Harga pintu UPVC di Vertuglass.com lebih terjangkau dibandingkan dengan bahan lain. Harga pintu ini tentunya sesuai dengan kualitas yang akan kamu dapatkan dan untuk variasi harganya biasanya tergantung dengan model yang kamu inginkan.

Model Pintu Yang Beragam

Kebanyakan pintu konvensional biasanya memiliki model swing door atau buka tutup. Selain model buka tutup, pintu berbahan UPVC memiliki beberapa model yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Pintu model swing door bisa kamu pasang di bagian depan rumahmu. Model folding door atau pintu lipat dapat memberikan efek luas pada ruangan. Model ini sangat cocok digunakan di garasi. Apabila kamu memiliki ruangan yang sempit dan tidak terdapat cukup ruang untuk bukaan pintu, pintu berbahan UPVC sliding door atau model geser merupakan pilihan yang tepat.