Diperlukan Ketelitian Lebih Dalam Menentukan Bahan Bangunan Terbaik, Lalu Bagaimana dengan GRC Board?

Memiliki rumah sendiri adalah salah satu hal yang bisa diinginkan oleh siapa saja. Baik anak muda hingga orang tua pun pastinya ingin bisa memiliki rumah idamannya. Meskipun begitu untuk membangun sebuah rumah pun bukan suatu hal yang mudah mengingat banyaknya biaya yang dibutuhkan. Terlebih jika Anda ingin membangun rumah di lahan yang luas, berarti biaya pembangunan pun juga akan bertambah. Ada satu hal lagi yang tidak boleh terlupa ketika membangun rumah yaitu adalah untuk menghitung biaya bahan bangunannya dengan detail.

Meskipun kelihatannya sepele, namun biaya bahan bangunan adalah salah satu hal yang berkontribusi besar pada pembangunan suatu rumah. Tentunya semakin berkualitas bahan bangunan tersebut maka semakin mahal pula harganya. Meskipun begitu, jangan sampai Anda memilih bahan bangunan dengan kualitas seadanya karena hanya akan menyebabkan timbulnya banyak kerusakan di kemudian hari dan justru akan menambah biaya renovasi. Pastinya Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Salah satu bahan bangunan yang saat ini sedang ramai dibicarakan orang adalah grc board. Apakah Anda sudah pernah menggunakan benda ini dalam membangun rumah? Perlu diketahui jika GRC adalah singkatan dari Glass-Reinforced Concrete yang berarti papan ini terbuat dari beberapa bahan sekaligus. Benar sekali, grc atau yang lebih dikenal dengan papan semen ini terbuat dari campuran beberapa jenis batu sekaligus yang nantinya dicampur dengan semen.

Hal yang Perlu Diek Dahulu Sebelum Beli Grc Agar Mendapatkan Kualitas Terbaik

Keunggulan utama dari grc board ini adalah beratnya yang ringan daripada jenis papan lainnya sehingga grc  akan jauh lebih mudah dalam pengaplikasiannya. Namun bagaimana cara mengetahui suatu grc berkualitas atau tidak? Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih grc dari suatu brand:

  • Menanyakan kualitas materialnya terlebih dahulu.

Hal satu ini sering kali dilupakan karena banyak orang awam menganggap jika kualitas antara  satu grc dengan lainnya pun akan sama meskipun dari brand yang berbeda. Sebaliknya justru antara satu produsen dengan lainnya bisa memiliki komposisi grc yang berbeda-beda. oleh sebab itulah harga antara satu grc dari suatu brand dengan pesaingnya bisa berbeda. Beberapa kandungan grc yang perlu Anda perhatikan adalah serat fiberglass  yang idealnya sebanyak 18-36 mm, pasir atau agregat halus sebanyak 10%, semen yang sudah mengikuti standar nasional seperti semen Portland, dan juga air. Ada beberapa bahan tambahan yang biasa digunakan untuk pembuatan grc seperti retarder, water reducer, hingga acrylic thermoplastic.

  • Melakukan survei terlebih dahulu mengenai project apa saja yang pernah dikerjakan oleh brand tersebut.

Hal satu ini bisa dilakukan untuk membandingkan apakah harga yang ditawarkan dengan kualitas yang didapatkan akan sesuai. Survei yang dimaksud di sini bisa dengan menanyakan apa saja yang sudah pernah ditangani oleh brand tersebut dan menanyakan langsung ke pelanggan yang pernah menggunakan grc dari brand tersebut. sebaiknya pilih brand yang sudah pernah mengerjakan proyek besar karena berarti kualitas grc sudah terpercaya.

Baca juga: Pengertian, Jenis dan Manfaat Floor Hardener

 

  • Bentuk grc dan desainnya.

Banyak orang yang tidak memperhatikan detail ini dan lebih banyak orang yang mempertimbangkan apakah harga GRC sesuai dengan budget. Pada hal ini, Anda perlu memperhatikan betul apakah bentuk asli grc sesuai dengan apa yang ditawarkan di katalog. Apabila bentuk aslinya dengan desain berbeda jauh maka perlu Anda pertanyakan juga bagaimana kualitas grc tersebut secara keseluruhan.

Nah pastinya Anda sudah lebih paham kan bagaimana caranya mengetahui apakah suatu grc benar-benar berkualitas atau bukan? meskipun Anda ingin mendapatkan harga GRC yang murah, bukan berarti Anda bisa memilihnya dengan sembarangan karena hal ini justru akan mempengaruhi kualitas bangunan juga. Yuk jadi konsumen cerdas dan pilih grc terbaik dengan harga terjangkau!