Ciptakan Ruang Tamu nan Luas Ala Rumah Joglo

Rumah Joglo

Jawa Tengah merupakan provinsi di Indonesia yang memiliki setumpuk kebudayaan. Salah satunya adalah rumah Joglo yang cukup terkenal dan banyak dibuat acuan arsitektur kontemporer.

Sejarah Rumah Adat Joglo

Joglo terdiri dari dua kata yang disambungkan, yaitu “Tajug” dan “Loro” yang artinya ada dua tajug. Tajug sendiri merupakan atap yang berbentuk piramid. Itu artinya rumah Joglo adalah rumah yang memiliki dua atap piramid yang disatukan.

Mengapa masyarakat adat Jawa Tengah saat itu memiliki bentuk tajug sebagai atapnya karena tajug merupakan bentuk yang menyerupai gunung. Gunung oleh masyarakat adat dipercaya sebagai tempat yang sakral. Gunung juga dianggap sebagai tempat di mana Dewa tinggal, untuk itulah kemudian masyarakat memiliki bentuk tajug sebagai atap rumahnya.

Rumah adat Joglo juga memiliki banyak filososfi di setiap bagiannya seperti adanya empat tiang yang menunjang atap dianggap sebagai kekuatan yang bersumber dari empat penjuru mata angin. Dan masih banyak lagi filosofi rumah adat Joglo lainnya.

Rumah adat Joglo memiliki beberapa ciri khas yang unik, salah satunya adalah ruang tamu yang super luas. Ruang tamu rumah adat Joglo sering digunakan sebagai acuan oleh para arsitek kontemporer dalam mendesain sebuah bangunan.

Ciptakan Ruang Tamu Ala Rumah Joglo

Ruang tamu ala rumah adat Joglo memiliki ukuran yang sangat luas, sehingga memungkinkan untuk menampung banyak orang di dalamnya. Desain ruang tamu ala rumah Joglo dewasa ini sering diterapkan pada beberapa hotel dan restaurant yang mengangka konsep tradisional dalam bangunannya. Adapun beberapa cara untuk ciptakan ruang tau ala rumah Joglo di antaranya:

1. Ruang yang luas

Ruang yang luas menjadi ciri utama bagi ruang tamu rumah adat Joglo. Maka dari itu sediakan ruang yang luas. Jika ruang Anda tidak terlalu luas, maka minimalkan adanya properti yang memakan ruang. Selain itu hindari juga menggunakan tembok untuk memisahkan antar ruangan karena tembok akan memakan ruang yang banyak. Alternatifnya adalah menggunakan list gypsum yang menyerupai tembok. Harga partisi gypsum sangatlah murah dan Anda akan mudah menemukan banyak distributor jual partisi gypsum murah di pasaran luas di berbagai kota di Indonesia.

2. Material kayu

Kayu menjadi ciri khas kedua untuk menciptakan ruang tamu ala rumah adat Joglo. Aplikasikan kayu pada berbagai aspek ruang tamu dari mulai dinding, tiang hingga furnitur. Jangan lupa untuk mengecatnya agar kayu tidak terkena rayap dan tidak mudah lembab serta berjamur karena hal itu akan merusak estetika ruang tamu juga kesehatan di dalamnya.

Baca juga: Model-Model Kitchen Set Terbaru yang Ramai Digunakan Masyarakat

3. Tiang

Pasang juga beberapa tiang, lebih bagusnya empat untuk semakiin memperkental suasana rumah adat Joglo di ruang tamu Anda.

4. Jendela

Pasanglah banyak jendela dan bukaan pada ruang tamu. Jendela yang banyak merupakan ciri khas ruang tamu rumah adat Joglo. Jendela yang banyak juga dapat memaksimalkan cahaya dan angin yang masuk sehingga dapat menghemat penggunaan listrik baik untuk lampu maupun untuk kipas angin.

5. Atap

Rumah Joglo tidaklah memiliki plafon, rumah adat Joglo atapnya hanya berupa rangka kayu yang “telanjang”. Hal ini berfungsi agar ruangan semakin terkesan luas. Tapi jika Anda sulit merawatnya, Anda juga dapat memadukannya dengan konsep modern di mana Anda menggunakan plafon di ruang tamu Joglo Anda. Untuk Anda yang berdomisili di Jakarta, toko plafon Jakarta banyak tersedia dengan menawarkan kualitas dan juga harga yang berbeda-beda.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *