Cara Ampuh Membersihkan Kotoran Hewan Di Karpet

Di zaman sekarang ini, rasanya bukanlah hal baru jika banyak orang berlomba-lomba memiliki hewan peliharaan di rumah, baik itu kucing, anjing, burung, dan lain sebagainya. Seringkali hewan-hewan tersebut hanya untuk teman bermain atau mungkin sebagai hewan penjaga rumah. Faktor kelucuan hewan seperti kucing atau anjing merupakan daya tarik yang menyebabkan keduannya menjadi hewan peliharaan paling dicari dan paling banyak dipelihara dari dulu hingga saat ini. Memang memiliki hewan peliharaan di rumah tidak hanya sebagai pelengkap saja, tetapi juga sangat bermanfaat bagi pemiliknya. Hewan peliharaan tak hanya tingkahnya saja yang lucu dan menggemaskan, tetapi hewan peliharaan juga bisa menurunkan tingkat stress dari pemiliknya, tetapi syaratnya hewan tersebut terlatih berperilaku baik.

Cara Ampuh Membersihkan Kotoran Hewan Di Karpet

Jika di rumah anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, sepertinya bukanlah hal yang baru jika kucing atau anjing anda meninggalkan jejaknya di mana-mana, baik itu kotoran kaki dan kotoran lainnya. Lalu bulu yang rontok,bau pipis di karpet sangat menggangu seisi rumah, atau bahkan muntahan yang tak sengaja tercecer dalam karpet anda. Meskipun sudah terlatih, sesekali hewan peliharaan anda pasti pernah membuang kotoran tidak pada tempatnya hingga di tempat yang tidak semestinya, contohnya di sofa, di karpet tile dan masih banyak area lain yang dibuat kotor olehnya. Hal tersebut pasti akan membuat rumah dan karpet anda menjadi bau dan tidak nyaman. Ketika anda memiliki hewan peliharaan, sangat wajib anda memperhatikan kondisi kebersihan rumah dan karpet anda supaya rumah khusunya karpet tidak menjadi sarang penyakit akibat hewan peliharaan anda sendiri.

Untuk itu pula, membersihkan rumah dan karpet yang terkena kotoran hewan peliharaan perlu anda lakukan secara rutin. Meskipun anda harus mencuci karpet tile tentunya hal ini bukan masalah besar. Asalkan rumah tetap rapi dan juga wangi.  Berikut Cara jitu membersihkan kotoran hewan di karpet agar rumah tetap bersih dan nyaman.

Tips Mudah Membersihkan Karpet dari Kotoran Hewan Peliharaan

Untuk membersihkan karpet dari kotoran hewan memang dibutuhkan trik khusus, sehingga bau tak sedap dan noda tersebut bisa hilang sempurna. Anda bisa mencoba cara berikut ini:

1. Menyiapkan bahan pembersih

Jika anda ingin mencuci karpet sendiri, maka anda harus mempersiapkan bahan pembersih khusus sehingga karpet bersih maksimal. Misalnya: kain lap, tissue, cuka, cairan pembersih sofa/karpet yang juga dijual di toko karpet tile murah, kertas Koran dan botol spray.

2. Bersihkan kotoran secepatnya

Ketika anda melihat kotoran tersebut di karpet, maka jangan menunggu lama untuk segera membuangnya. Baik berupa urin, feses, maupun muntahan. Sebab noda kencing terlebih milik si meong sangat sulit dibersihkan karena kandungan enzim, asam, dan bakterinya bisa memudarkan warna karpet anda.Sementara muntahan mengandung cairan empedu dan asam lambung yang sulit dibersihkan jika terkena karpet anda.

Baca juga: Pesona Kreatif Interior Ruang Kerja Dengan Konsep Terbuka Yang Nyaman Banget

3. Semprotkan cairan pembersih pada bagian noda

Usai bagian noda selesai dibersihkan, gunakan botol spray untuk menyemprotkan air. Pakai air hangat supaya lebih efektif daya bersihnya, lalu lap kembali menggunakan Koran atau tissue. Setelah itu, semprot menggunakan cairan pembersih atau cuka secara berulang untuk menghilangkan cairan amoniak dari kotoran dan melunturkan noda. Cuka terbukti efektif menghilangkan noda berkat senyawanya yang mampu menguraikan kandungan protein dan lemak pada bekas kotoran tersebut.

Demikian tips membersihkan karpet yang terkena kotoran hewan peliharaan anda, selamat mencoba dan semoga berhasil.