Adakah Perbedaan Lantai Beton dengan Floor Hardener? Berikut Penjelasannya 

Hargaagen.com – Konstruksi lantai pada area industri memang idealnya memakai lantai beton, dan akan lebih maksimal jika menggunakan floor hardener sika. Mengapa? Sebab ditinjau dari kelebihan floor hardener maka bisa disimpulkan jika menjadi pilihan lebih baik dibandingkan lantai beton biasa. Penggunaan floor hardener perlu dikerjakan oleh ahlinya agar tepat dan tahan lama.

Perbedaan Lantai Beton dengan Floor Hardener

Apa perbedaan lantai beton dengan floor hardener?

Industri seperti pabrik memang kerap kali menggunakan lantai dari beton maupun yang sudah dilapisi floor hardener. Sebab keduanya bebas dari debu, tahan lama, dan tidak membutuhkan perawatan sebagaimana dengan tegel keramik. Apalagi di area pabrik sudah tentu banyak debu dari aktifitas produksi, agar tidak mudah kotor maka lantai jenis ini ideal untuk dipilih.

Kebanyakan pabrik menggunakan lantai beton, namun karena lantai jenis ini mudah retak dan sulit untuk diperbaiki. Perlahan mulai tergeser oleh sika floor hardener yang nantinya menjadi pelapis dari lantai beton agar lebih kuat, awet, dan tahan lama. Jadi, jika ditanya apa perbedaannya? Maka lantai beton yang tidak memakai floor hardener akan lebih cepat rusak.

Sedangkan floor hardener dijamin memakai lantai beton yang kemudian diberi lapisan ulang dengan cara ditaburkan lalu digosok atau ditrowel memakai mesin khusus. Lantai beton disyaratkan memiliki kandungan semen 300kg/m3 baru bisa ditambahkan floor hardener. Pemberian lapisan floor hardener ini menjadikan lantai lebih awet dan kuat sekaligus bebas retakan.

Kelebihan floor hardener

Menambahkan lapisan floor hardener sika ke lantai beton bukanlah tindakan yang keliru, melainkan sebaliknya. Pasalnya floor hardener ini memiliki banyak kelebihan sebagai berikut:

1. Ketahanan lebih tinggi

Menambahkan lapisan floor hardener akan menjadikan lantai beton lebih kuat sehingga tidak mudah retak. Apalagi jika sudah retak akan membuatnya sulit diperbaiki sehingga dengan adanya floor hardener resiko semacam ini bisa dihindari sejak dini.

2. Bebas perawatan

Menambahkan floor hardener pada lantai beton juga menjadikannya bebas dari perawatan, sehingga hemat tenaga dan biaya. Tidak perlu dibersihkan rutin dan tidak perlu dicek berkala karena tanpa perawatan pun dijamin awet dan tahan lama.

3. Anti debu dan anti slip

Mengapa sika floor hardener tidak butuh perawatan? Salah satu alasannya adalah karena sifatnya yang anti debu dan anti slip. Artinya tidak akan ada debu yang terjebak di lantai dan membuat ruangan kotor. Sehingga tidak perlu disapu dan dipel pun lantai senantiasa dalam kondisi bersih.

4. Tahan benturan, oli, dan pelumas

Pernah mendapati retakan rambut di lantai  beton? Menghindarinya bisa dengan menambahkan floor hardener pada saat pembuatan lantai. Supaya aman dari benturan dan retak karena memang sifatnya anti retak. Selain itu cocok untuk industri maupun bengkel karena tahan terhadap oli dan pelumas, sehingga anti slip dan bebas licin jika kena cipratan cairan pelumas maupun oli.

5. Biaya lebih murah

Meskipun saat menggunakan floor hardener perlu menambahkan lapisan lagi di atas lantai beton namun biaya yang dibutuhkan terbilang ekonomis. Pasalnya biaya untuk pembuatan floor hardener jauh lebih terjangkau, dibandingkan dengan lantai tegel maupun lantai beton yang rawan retak.

Penggunaan floor hardener ini sangat cocok untuk lingkungan pabrik maupun industri lainnya, karena punya banyak kelebihan di atas. Tidak ada salahnya mempertimbangkan penggunaan lantai ini karena tetap terjangkau sebagaimana saat menggunakan lantai beton. Jadi, jangan ragu untuk mempertimbangkan sekaligus menjadikan floor hardener sika sebagai pilihan.