5 Tips Mendesain Rumah Konsep Tradisional

Siapa sangka, rumah tradisional tidak selalu sederhana dan ketinggalan zaman loh. Justru konsep tradisional memberikan interior rumah menawan dan eksotik sehingga nyaman ditempati sekaligus memberikan kesan tersendiri. Yang terpenting mengikuti ciri khas konsep tradisional seperti menghadirkan perabotan ataupun peninggalan bersejarah keluarga sehingga kehangatan keluarga tetap tercipta walaupun keluarga tak lengkap lagi.

Rumah Konsep Tradisional

Tips Desain Rumah Konsep Tradisional Yang Diminati

Desain tradisional memberikan suasana tenang dan teratur sehingga menetralisir pikiran berpikir positif melakukan berbagai hal. Yang terpenting tepat mengaplikasikan konsepnya pada hunian agar interior tidak terkesan aneh, berikut ada 5 tips mendesain rumah dengan konsep tradisional sebagai acuan, di antaranya adalah:

1. Mendominasi Furniture Kayu Lengkap Ukirannya

Elemen kayu wajib dihadirkan rumah konsep tradisional sehingga membuat penghuni rumah nyaman melakukan aktifitas di dalam rumah. Usahakan elemen kayunya lengkap dengan ukuran tangan yang halus sehingga lebih berkarakter, misalnya kursi minimalis maupun perabotan kayu yang lainnya. Jika rumah anda 2 lantai dapat menggunakan sika waterproofing pada dak acian sehingga aman dan tidak akan bocor terkena rembesan air hujan. Selain itu harga sika waterproofing tidak terlalu mahal dan cocok dipilih.

2. Mendominasi Warna Tanah

Sejatinya, warna tanah seperti warna cokelat membuat interior rumah kental dengan konsep tradisional. Padukanlah warna cokelat sebagai cat dinding, warna furniture, warna kelambu tempat tidur maupun komponen dekorasi lainnya. Bahkan mengaplikasikan pintu kayu dengan ukuran indah membuat suasana rumah semakin menenangkan, bermusyawarahlah dengan anggota keluarga untuk memilih benda berwarna cokelat agar penghuni rumah merasakan kenyamanannya dan tidak ada kekecewaan dikemudian hari.

3. Ruang Makan Dibelakang Ruang Keluarga

Orang Jawa identik dengan kebersamaan bersama keluarga baik menyantap makanan maupun kegiatan lainnya, hal itu memberikan kebahagiaan tersendiri bagi keluarga. Walaupun hidup kekurangan tetapi kebersamaan keluarga menjadi obat mujarab untuk bahagia, untuk itulah keberadaan ruang makan dibelakang ruang keluarga menjadi tips tepat mendesain rumah konsep tradisional. Pasalnya kebersamaan keluarga membutuhkan ruang yang lapang sehingga berkumpul menyenangkan, kehadiran furniture kayu di ruang makan di ruang keluarga menghasilkan tampilan eksotik. Agar ruang tersebut kokoh dan bertahan sampai bertahun-tahun, Anda dapat menggunakan sika waterproofing pada atap maupun dak beton keramik. Selain itu, supaya lebih hemat pilihlah harga waterproofing membrane bakar per m2 sehingga efisien untuk ruangan luas.

Baca juga: Pesona Interior Natural Kantor, Bagai Bekerja Di Alam Bebas

4. Unsur Rotan Modern

Rumah Tradisional

Jika kurang menyukai unsur kayu, perabotan dengan bambu rotan dapat djadikan desain tradisional rumah anda. Pilihan perabotan dari rotan pun beragam seperti kursi, meja, rak, dan hiasan dekorasi. Agar konsep tradisional semakin menarik dan memberikan kesan tradisional modern, pilihlah rotan warna monokrom seperti hitam, cream dan lainnya karena warna tersebut memberika kesan rumah elegan dan membuat pikiran rileks.

5. Atap Kayu Segitiga

Bentuk atap juga diperhatikan agar menghasilkan rumah berkonsep tradisonal, yaitu memilih atap kayu segitiga sehingga kesan Jawanya kental. Bahkan memberikan tampilan rumah semakin luas, agar atap rumah atau plafon segitiga yang digunakan kokoh diusahakan menggunakan sika waterproofing sehingga atapnya kokoh menghadapi berbagai cuaca yang pancaroba. Yang terpenting harga sika waterproofing terjangkau namun kualitasnya bagus.

Mendesain rumah konsep tradisional memang diminati gnerasi zaman modern karena perubahannya semakin menarik kesan tradisonalnya. Untuk itulah kelima tips di atas dapat dijadikan pilihan memiliki hunian konsep tradisional yang nyaman untuk keluarga. Selain itu, sesuaikanlah tips yang dipilih dengan tipe rumah agar interior semakin berestetika.